mengajak jajaran pegawai barunya mampu bekerja secara bersama-sama serta meningkatkan peran masing-masing sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang diemban
Jakarta (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta Ibnu Chuldun meminta pegawai yang memperoleh promosi atau mutasi untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja.

“Peran saudara di lingkungan Kanwil DKI Jakarta ini sangat diperlukan untuk menghadirkan warna baru dalam pelayanan masyarakat,” kata Ibnu di Jakarta, Rabu,  saat pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan administrasi dan fungsional di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta.

Poin penting yang harus dilaksanakan sebagai pimpinan satuan kerja, menurut Ibnu, adalah cepat beradaptasi.

Ketika cepat beradaptasi, maka cara berkomunikasi dan berkoordinasi serta bersinergi dengan internal maupun pemangku kepentingan (stakeholder) eksternal akan menghasilkan kolaborasi untuk sebaik-baiknya pelayanan masyarakat.

Implementasi reformasi birokrasi dan pembangunan zona integritas, pengelolaan dan realisasi anggaran serta penertiban barang milik negara menjadi perhatian Kepala Kantor Wilayah dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT).

Ibnu mengajak jajaran pegawai barunya mampu bekerja secara bersama-sama serta meningkatkan peran masing-masing sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang diemban.

Sebanyak 74 pejabat administrasi dan empat pejabat fungsional dilantik dan diambil sumpah secara resmi di Lapangan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Rabu.

Kegiatan juga dihadiri para pimpinan Tinggi Pratama, para pejabat administrasi dan fungsional, serta Kepala Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta.

Dalam rangkaian kegiatan, juga dilaksanakan serah terima jabatan para pejabat yang lama kepada pejabat baru, diantaranya  Kepala Lapas Kelas IIA Salemba, Kepala Bapas Kelas I Jakarta Selatan, Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Jakarta dan Kepala Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Kelas I Jakarta Barat.

Begitu pula dengan serah terima jabatan Ketua Dharma Wanita Persatuan yang disaksikan langsung oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan, Agnes Lily Karlia.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pejabat lama atas pengabdian, kerja keras, dan dedikasi selama ini.

“Sejarah akan mengukir indah setiap hasil karya yang Saudara berikan selama ini, meninggalkan sejarah yang selalu dikenang oleh generasi berikutnya,” kata Ibnu.
 
Kepada Pejabat Fungsional yang dilantik, Ibnu mengharapkan peran penting jabatan yang dapat menjadi efek positif bagi kemajuan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta.

“Berikan alternatif kebijakan di bidang yang dikuasai serta berikan masukan dan evaluasi kepada pimpinan,” ujar Ibnu.
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta Ibnu Chuldun menyalami pejabat administrasi dan fungsional di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta yang baru dilantik, Rabu (18/10/2023). ANTARA/HO-Kanwil Kemenkumham DKI

Mengakhiri sambutan, Ibnu mendorong para pejabat baru untuk menjunjung tinggi integritas dan menghasilkan karya-karya yang bermanfaat.

“Amanah ini merupakan suatu permulaan dan kesempatan untuk melakukan hal yang baik sebagai upaya peningkatan kompetensi serta meningkatkan citra positif bagi Kementerian Hukum dan HAM,” kata Ibnu.
Baca juga: BPK minta masalah kelebihan penghuni di lapas dievaluasi
Baca juga: Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta raih tujuh penghargaan
Baca juga: Wamenkumham apresiasi pentas seni warga binaan Bapas di DKI Jakarta

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023