Pelatihan ini merupakan bentuk komitmen dari kami untuk meningkatkan kapasitas mitra binaan.....
Malang (ANTARA) -
PT Bahana Artha Ventura (BAV) menggelar ajang penghargaan dengan tema "UMKM Tangguh Ekonomi Tumbuh" sebagai bentuk apresiasi kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mitra binaan BAV.

Peserta yang berpartisipasi dalam ajang penghargaan tersebut adalah pelaku UMKM penerima Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) yang dihimpun BAV dari 22 BUMN, serta telah mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari anggota holding Indonesia Financial Group (IFG) itu.
 
"Pelatihan ini merupakan bentuk komitmen dari kami untuk meningkatkan kapasitas mitra binaan di antaranya melalui pembinaan kepada mitra binaan sekaligus memberikan penghargaan kepada mitra binaan keunggulan," kata Direktur Keuangan dan Operasional BAV, Rukita dalam sambutannya saat acara di Malang, Jawa Timur, Rabu.
   
Dia menambahkan, melalui pelatihan dan penghargaan diharapkan memotivasi pelaku UMKM untuk menjadi pelaku usaha yang kuat dan berkembang melalui peningkatan kualitas produk sesuai ekspektasi pasar, memiliki daya saing, pertumbuhan usaha, serta jangkauan usaha yang lebih luas.
 
Ajang penghargaan ini merupakan puncak acara dari program kurasi dan inkubasi yang telah dilakukan BAV dalam memilih UMKM binaan unggulan sejak Januari sampai Juli 2023.
 
Program kurasi dan inkubasi yang digelar BAV berhasil menjaring 25 UMKM binaan unggulan dari 148 UMKM binaan yang mendaftar mengikuti program ini.
 
Terdapat empat pelaku UMKM meraih penghargaan pada ajang tersebut yakni untuk kategori "UMKM F&B Terbaik" yang dimenangkan Pucuk Jamur Abadi, kategori "UMKM Kriya Terbaik" yang dimenangkan Raja Kembar Batik Kayu.

Baca juga: SHW Center: Pemerintah perlu antisipasi dampak global terhadap UMKM
 
Kemudian kategori "UMKM Fashion Terbaik" yang dimenangkan Najma Sasirangan dan kategori "UMKM Participation Terbaik" yang dimenangkan Quwena Makassar.
 
Selain itu, juga diberikan penghargaan kepada Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD) yaitu PT Sarana Kalsel Ventura sebagai "Pembina Mitra Binaan Terbaik" dan PT Sarana Jatim Ventura sebagai "Penyalur Dana Program PUMK Terbanyak".

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023