Jakarta (ANTARA News) - Humanitarian Forum Indonesia mengecam tindak kekerasan yang dilakukan militer Mesir kepada warga pendukung Mohamed Mursi karena menilai hal itu tidak akan menyelesaikan masalah, tetapi justru memperuncing perbedaan.

Melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa, Humanitarian Forum Indonesia menyerukan pemerintah Mesir untuk menghormati hak berunjuk rasa secara damai dan menghentikan penggunaan kekerasan terhadap demonstran. Forum juga meminta pihak yang bertanggung jawab dalam kekerasan tersebut ditahan.

Kepada pemerintah Indonesia, Forum mendesak agar segera mengirimkan bantuan kemanusiaan dan mengupayakan penghentian tindak kekerasan terhadap warga sipil yang menyebabkan lebih dari 120 orang tewas dan 4.500 lainnya luka-luka.

Humanitarian Forum Indonesia juga mendorong para pekerja kemanusiaan baik dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), organisasi non-pemerintah nasional dan internasional serta Palang Merah untuk bersama-sama menyerukan perdamaian dan dialog kemanusiaan di Mesir.

Humanitarian Forum Indonesia merupakan organisasi kemanusiaan yang beranggotakan 12 organisasi yaitu Muhammadiyah Disaster Management Centre, Dompet Dhuafa, KARINA, Yakkum Emergency Unit, Yayasan Tanggul Bencana di Indonesia, World Vision Indonesia.

Selain itu Perkumpulan Peningkatan Keberdayaan Masyarakat, PKPU, Church World Services Indonesia, Habitat for Humanity Indonesia, Unit Pengurangan Resiko Bencana Persatuan Gereja-gereja di Indonesia dan Rebana Indonesia.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013