Jakarta (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Timur mengerahkan 755 personel untuk membantu TNI dan Polri dalam pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di wilayah tersebut.

Kepala Satpol PP Jakarta Timur Budhy Novian ketika dikonfirmasi di Jakarta, Kamis, mengatakan, personel yang dikerahkan itu dibagi dalam dua gelombang penugasan.

Pertama, saat malam hingga perayaan Natal (24 Desember dan 25 Desember 2024). Kedua, saat malam pergantian tahun, 31 Desember 2023 hingga Tahun Baru 2024.

"Mereka diperbantukan untuk pengamanan 148 gereja yang tersebar di 10 kecamatan, saat malam misa Natal dan keesokan harinya perayaan Natal," katanya.

Baca juga: Satpol PP Jakarta Timur kunjung sekolah untuk edukasi hentikan tawuran

Mereka bergabung dengan unsur TNI, Polri, Suku Dinas (Sudin) Perhubungan, Pramuka, Orari, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat(FKDM) dan unsur lainnya.

Menurut dia, dari 148 gereja yang akan dijaga, tujuh di antaranya menjadi skala prioritas pengamanan. Yaitu Gereja St Yosep di Jalan Matraman Raya, Geraja Katolik Santo Antonius Padua di Jalan Otista Raya dan Gereja GPIB Koinonia di Jalan Matraman, Jatinegara.

Kemudian Gereja Katolik Santo Gabriel, Pulogebang, Cakung. Gereja Katolik Santa Anna, Duren Sawit, Gereja HKBP Rawamangun di Jalan Balai Pustaka serta Gereja Kristen Jawa Jakarta di Jalan Balai Pustaka, Rawamangun.

"Penjagaan ekstra di gereja-gereja tersebut karena pertimbangannya adalah jemaat yang beribadah di gereja tersebut sangat banyak," ujarnya.

Baca juga: 1.640 personel Satpol PP jaga malam Tahun Baru 2024 di DKI Jakarta

Selain untuk membantu pengamanan gereja, mulai 22 Desember 2023!hingga 2 Januari 2024, Satpol PP Jakarta Timur juga diperbantukan untuk pengamanan Operasi Lilin 2023 di sejumlah pos pengamanan terpadu yang ada di 10 kecamatan.

"Fokus utamanya adalah di sejumlah obyek vital dan titik keramaian," kata dia.

Titik lokasi Operasi Lilin di antaranya kawasan depan Stasiun Jatinegara, Terminal Terpadu Pulogebang dan Terminal Bus Kampung Rambutan.

Kemudian di lokasi perbatasan wilayah daerah penyangga. Yakni di depan pabrik PT Panasonic Gobel di Jalan Raya Bogor, Kelurahan Pekayon, Pasar Rebo dan di simpang Jalan Laksamana Malahayati-Jalan H Naman, Pondok Kelapa, Duren Sawit serta Jalan Raya Pemuda, depan Mal Arion Rawamangun.
Baca juga: Satpol PP kerahkan ribuan personel untuk pengamanan Natal 2023

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023