Jakarta (ANTARA) - Manajer timnas Indonesia Sumardji mengungkapkan sembilan pemain Indonesia yang semuanya merumput di kompetisi luar negeri mempunyai jadwal bervariasi untuk bergabung ke pemusatan latihan (TC) Merah Putih untuk persiapan Piala Asia 2023 di Antalya, Turki.

Dari 28 nama yang dibawa pelatih Shin Tae-yong, sebanyak 19 pemain yang diisi pemain-pemain yang merumput di Liga 1 Indonesia dan dua yang merumput di luar negeri, Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons) dan Pratama Arhan (Tokyo Verdy) berangkat bersama dari Jakarta pada Rabu (20/12).

Dari sembilan nama itu, hanya Jordi Amat dan Saddil Ramdani yang kompetisi yang mereka ikuti, Liga Malaysia telah rampung, sedangkan tujuh pemain sisa yakni Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers), Elkan Baggott (Ipswich Town), Sandy Walsh (KV Mechelen), Shayne Pattynama (Viking FK), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Ivar Jenner (Jong Utrecht), dan Rafael Struick (ADO Den Haag), klubnya masih memainkan laga sampai akhir Desember sementara batas waktu kedatangan TC dikatakan Shin adalah pada 1 Januari 2024.

"Variatif. Jadi ada yang datang sore ini ada, ada tanggal 22 Desember ada, ada yang belum memberikan jadwal juga ada," jelas Sumardji saat ditemui pada acara puncak turnamen Nusantara Open 2023 di lapangan Akademi Garudayaksa, Setu, Bekasi, Jawa Barat, Kamis.


Baca juga: Shin Tae-yong optimistis penuhi target lolos ke 16 besar Piala Asia


Terkait pemain naturalisasi anyar Merah Putih, Justin Hubner, Sumardji mengatakan pemain 20 tahun itu telah menyerahkan jadwal kedatangan, tetapi dalam hal ini ia tidak ingat kapan pemain Wolverhampton Wanderers itu akan tiba di Turki.

"Sudah. Saya lupa tanggalnya tapi sudah ada," kata Sumardji.

Pada kesempatan yang sama, Sumardji juga memaparkan bahwa pemain PSM Makassar Yance Sayuri, pemain yang semula dibawa ke Turki, batal dibawa karena tidak direkomendasikan setelah cederanya belum benar-benar pulih saat menjalani medical check up.

Yance sendiri terakhir bermain memperkuat PSM saat Juku Eja bermain imbang 1-1 melawan Bhayangkara FC dalam lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Gelora BJ Habibie, 8 Desember silam.

"Paginya (Selasa 19 Desember) kita medical check up dia cedera, sehingga direkomendasikan untuk tidak dibawa dan dilakukan terapi di klub. Kami juga mengupayakan penyembuhan atau terapi di PSSI juga silahkan karena alatnya lebih lengkap," jelasnya.

Timnas Indonesia menjalani TC di Turki sampai 6 Januari 2024 dengan menjalani dua laga uji coba yaitu menghadapi timnas Libya di Antalya, Turki, pada 2 Januari dan 5 Januari. Seusai menghadapi Libya, Indonesia akan terbang ke Qatar dan melakoni uji coba terakhir menghadapi Iran pada 9 Januari.

Indonesia tergabung di Grup D Piala Asia 2023 bersama Vietnam, Irak, dan Jepang. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan membuka petualangan di gelaran yang dimulai pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024 itu dengan melawan Irak di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, pada 15 Januari.

Baca juga: Timnas Indonesia berangkat ke Turki untuk lakoni TC Piala Asia 2023

Baca juga: STY panggil 29 pemain ikuti TC di Turki untuk persiapan Piala Asia

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2023