Jakarta (ANTARA) - Setelah sekian lama absen dari hiruk-pikuk dunia pahlawan super yang menyelamatkan bumi, akhirnya jagoan di dunia air dan daratan kembali memamerkan otot-otot luar biasa berbekal trisula maut yang sanggup menaklukkan penjahat mana pun, lewat sebuah petualangan penuh aksi di negeri fantasi bertajuk "Aquaman: The Lost Kingdom”.
 
Petualangan Arthur Curry alias Aquaman yang merupakan karakter rekaan Paul Norris dan Mort Weisinger itu resmi tayang di bioskop secara global pada pertengahan bulan Desember tahun ini. Sekuel film tersebut hadir untuk memenuhi dahaga para pencinta DC yang merindukan aksi kepahlawanan sang jagoan berambut gondrong sejak penayangan perdana “Aquaman” lima tahun lalu yang sempat beroleh box office.

Pada sekuel berjudul “Aquaman: The Lost Kingdom” kali ini, semua pemain yang memiliki peran krusial pada film pertama kembali ambil bagian. Tentu saja ada Jason Momoa sebagai Arthur Curry sang ayah baru sekaligus Raja Atlantis Aquaman yang memiliki selera humor tinggi, Amber Heard sebagai Mera istri Arthur, Patrick Wilson sebagai Orm -- saudara tiri Arthur yang masih memiliki sedikit ambisi untuk menguasai samudera, Nicole Kidman sebagai Atlanna ibu berhati kesatria, serta Yahya Abdul-Mateen II pemeran Black Manta yang bersumpah akan membalaskan dendam kematian sang ayah dengan memusnahkan Aquaman dan melumat habis peradaban Atlantis.

Baca juga: Amber Heard klaim tak dilibatkan dalam "Aquaman 2"

Baca juga: Selesai syuting "Aquaman 2", sutradara sebut filmnya lebih matang


Selain nama-nama tersebut, hadir pula aktor gaek Dolph Lundgren sebagai Raja Nereus yang masih menyimpan rasa dendam dan kekesalan pada Orm, serta sosok ilmuwan bimbang namun berhati mulia Dr. Stephen Shin yang diperankan oleh Randall Park.
Aktor Jason Momoa sebagai Aquaman mengemban tugas untuk melindungi keluarga, kerajaan, dan bumi di film "Aquaman: The Lost Kingdom". (ANTARA/HO/Warner Bros. Pictures)


Alur kisah
Semua orang telah melakoni jalan kehidupan masing-masing, tentunya dengan dinamika cerita yang dikisahkan telah bergulir sedemikian rupa. Arthur Curry telah membina rumah tangga yang apik bersama Mera, baik di daratan maupun di kedalaman lautan.

Di daratan, pasangan suami istri Arthur-Mera memiliki buah hati Arthur Jr. yang mendapatkan pengawasan penuh dari sang kakek yaitu Thomas Curry (diperankan oleh Temuera Morrison). Sementara di dasar lautan, Arthur menjelma menjadi seorang Raja Atlantis yang bosan dengan rutinitas kerajaan! Hal itu terbaca sangat wajar karena belakangan Arthur mengungkapkan perasaan kepada sang saudara tiri Orm bahwa sesungguhnya dia tidak pernah benar-benar menginginkan takhta sebagai penguasa samudera.

Sementara itu sosok Orm teralienasi selama bertahun-tahun, berada jauh dari mana dan siapa pun di Penjara Bangsa Gurun dengan kondisi tubuh yang menipis dalam arti sesungguhnya. 

Masalah yang dihadapi Arthur tak lain adalah motif pembalasan dendam dari Black Manta atas terbunuhnya sang ayah di tangan si pahlawan super. Black Manta yang kini menjadi lebih tangguh dari sebelumnya, menggunakan kekuatan mistis trisula hitam kuno yang mampu menguarkan kekuatan jahat untuk menuntaskan obsesi terhadap Aquaman dan ambisi besar meruntuhkan Atlantis.
 
Aktor Yahya Abdul-Maten II sebagai Black Manta memiliki ambisi dan obsesi menaklukkan Aquaman di film "Aquaman: The Lost Kingdom". (ANTARA/HO/Warner Bros. Pictures)


Kekuatan jahat yang digenggam oleh Black Manta rupanya tidak hanya mengancam eksistensi Aquaman dan kerajaan bawah air Atlantis, namun juga bumi secara keseluruhan. 

Berupaya mencegah krisis dan kehancuran total dunia, Arthur mendapatkan informasi dari King Fish Sang Perompak yang tinggal di Benteng Tenggelam bahwa Black Manta berada di kilang Orichalcum kuno pulau Devil’s Deep Pasifik Selatan. Di pulau tersebut, sejumlah flora dan fauna nyatanya telah bermutasi dengan amat cepat menjadi seukuran raksasa. Alur cerita cepat mewarnai rangkaian pertempuran di pulau tersebut.

Maka, duel abadi antara kebaikan dan kejahatan dengan ragam tingkat pertempuran penuh fantasi nan imajinatif, mewarnai nyaris keseluruhan film. Pertarungan sengit jarak dekat pun tak terelakkan, tidak hanya terjadi di dalam air namun juga di daratan.

Kecamuk kekacauan berskala besar menjadi semakin dramatis ketika nyawa Arthur Jr. pun turut menjadi taruhan sebagai kunci kebebasan Kordax sang roh jahat yang terbelenggu darah keluarga Atlan. Aquaman tidak memiliki banyak pilihan, selain menyelamatkan sang putra sekaligus bumi yang tengah berada dalam rongrongan krisis iklim global.

Humor dan efek visual

Tak cuma krisis dan pertempuran, "Aquaman: The Lost Kingdom" juga masih menyajikan sajian humor ringan pada beberapa bagian. Apalagi sosok Jason Momoa memang sudah kadung terlanjur lekat dengan selera humor yang lumayan sejak menahbiskan diri sebagai Aquaman pada lima tahun lalu.

Baca juga: Jason Momoa jadi "Aquaman" di dunia nyata suarakan laut lebih bersih

Kali ini, bumbu-bumbu humor ringan masih sesekali muncul dalam taraf menggelitik hingga ke tingkatan tawa lepas nan singkat. Dentuman lagu "Born to Be Wild" dipopulerkan oleh band Steppenwolf yang menguar sejak permulaan film, sebenarnya sudah memberi petunjuk bahwa unsur komedi tak akan pergi jauh dari watak khas Arthur Curry.

Meski tidak banyak, namun sempalan ragam lelucon dan kelakar yang muncul di film ini cukup memberikan nyawa sekaligus warna dari alur cerita yang amat mudah diterka. Pada lain sisi, sektor efek visual di film ini tentu masih memanjakan mata sama seperti film pendahulunya dan memberikan pengalaman menyenangkan bagi penonton, utamanya yang menyaksikan "Aquaman: The Lost Kingdom" dengan teknologi IMAX.
Sutradara, produser, dan penulis cerita film "Aquaman: The Lost Kingdom" James Wan (kiri). (ANTARA/HO/Warner Bros. Pictures)


Sutradara, produser, sekaligus penulis cerita James Wan berhasil menampilkan beragam efek visual untuk menghadirkan petualangan dunia bawah air Kerajaan Atlantis. Film ini memberi gambaran yang lebih jelas mengenai kerajaan, detail bangunan, dan lokasi-lokasi lain yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Atlantis kali ini bahkan lebih besar, terang, berwarna, dan semarak.

Sejumlah fakta mengemuka terkait adegan bawah air proses produksi film ini. Misalnya, tim efek visual menggunakan pendekatan baru untuk membebaskan pemain dan pergerakan kamera. Lewat teknologi terbaru dan inovatif Eyeline Studio, James Wan dan tim mampu menciptakan dunia akuatik 360 derajat. Teknologi Eyeline Studio menggunakan bilik melingkar yang dibuat khusus dengan 136 kamera pada posisi tetap dari ketinggian kaki hingga di atas kepala alias melingkari aktor.

Para aktor kemudian tampil di tengah bilik dengan kostum lengkap, mengenakan ikat kepala sensor yang memungkinkan terciptanya rambut mereka yang tergerai di bawah air melalui efek visual canggih. Bilik ini cukup besar untuk menampung seekor kuda mekanik dan memotret para pemain yang sedang menunggangi berbagai makhluk laut yang diciptakan oleh efek visual.

Di dalam bilik tersebut, aktor dapat melihat dinding plasma 360 derajat yang menampilkan visual adegan. Sedangkan di luar bilik, sesama pemeran yang tampil di depan kamera dapat melihat wajah mereka dan menempatkannya sesuai layar plasma di dalam bilik. Metode baru tersebut memungkinkan para aktor bebas bergerak dan bereaksi terhadap penampilan satu sama lain.

Rekaman yang diambil dari sesi teknologi Eyeline tadi kemudian digabungkan dengan adegan yang difilmkan pada layar biru kemudian dirajut dengan avatar, set, dan makhluk laut yang dibuat oleh efek visual.
Salah satu adegan di film "Aquaman: The Lost Kingdom" ketika Aquaman menunggangi Storm ditemani Topo si cumi-cumi. (ANTARA/HO/Warner Bros. Pictures)


Hasilnya? Atlanna dan Mera terlihat bagus kala duduk mengangkangi hiu. Begitu pula Arthur saat menaiki kuda laut raksasa Storm sambil bertarung melawan Black Manta di jantung Kerajaan Atlantis. Menarik pula mencermati beberapa set yang belum pernah terlihat di layar sebelumnya seperti kawasan perumahan yang ramai "Times Square" ala Atlantis, atau petualangan turun hingga kedalaman kota kuno.

Baca juga: Jason Momoa isyaratkan akan tetap jadi Aquaman di DCU

Baca juga: DC Studios bawa tiga proyek film superhero di CinemaCon 2023


Lain lagi soal Octobot yang berukuran raksasa. Film ini sedikitnya membutuhkan sebanyak 12 anggota kru selama empat bulan untuk membuat tiga unit Octobot sungguhan. Setiap Octobot terdiri atas 45 bagian cetakan dengan bingkai logam pada bagian dalam. Satu unit Octobot memiliki bagian dalam logam utuh, sedangkan Octobot kedua untuk adegan air didesain dengan bagian dalam yang disesuaikan bagi pemeran pengganti. Sementara unit Octobot ketiga, hanya memiliki bagian luar yang ditata untuk pengambilan gambar dari belakang.

Unit Octobot tersebut digerakkan berdasarkan gerakan enam sumbu rotasi yang memungkinkan gerakan sepanjang sumbu depan dan belakang, lateral, dan vertikal, serta tiga sumbu rotasi. Di film ini, penonton akan melihat akting maksimal dari para aktor kala berada dari balik kemudi Octobot yang memiliki pergerakan begitu luwes dan apik.

Satu hal menarik lain soal teknologi adalah penggunaan jam tangan. Bila diperhatikan di dalam film, karakter Black Manta mengenakan sebuah jam tangan yang selalu menyala di pergelangan tangan kirinya. Jam tangan tersebut adalah purwarupa yang disediakan oleh pembuat jam tangan mewah IWC Schaffhausen. Hingga saat ini hanya ada tiga unit jam tangan tersebut di dunia: satu untuk Manta (dengan lampu berwarna merah) dan dua lagi dengan lampu berwarna biru untuk Dr. Stephen Shin dan Letnan Stingray (diperankan oleh Jani Zhao).

"Aquaman: The Lost Kingdom" memiliki durasi sekitar 120 menit dengan klasifikasi usia 13 tahun ke atas. Film di bawah bendera Warner Bros. Pictures ini menghadirkan deret ratusan nama seniman digital dan kru visual efek pada bagian kredit.
Aktor Patrick Wilson yang memerankan karakter Orm di film "Aquaman: The Lost Kingdom" sedang berdiri di depan Octobot. (ANTARA/HO/Warner Bros. Pictures)


Dari balik set, sutradara, produser, sekaligus penulis cerita James Wan berkolaborasi dengan tim hebatnya yaitu produser Peter Safran dan Rob Cowan, eksekutif produser Galen Vaisman dan Walter Hamada, dan penulis skenario David Leslie Johnson-McGoldrick.

Sementara di belakang kamera, sejumlah nama beken juga turut beraksi yaitu D.O.P Don Burgess yang berada di balik “The Conjuring 2”, desainer produksi Bill Brzeski-nya “Jumanji: The Next Level”, editor Kirk Morri yang memegang “Furious 7”, komposer Rupert Gregson-Williams pada film “Wonder Woman”, serta supervisor musik Michelle Silverman yang turut ambil bagian pada “Malignant”.

Urusan efek visual film ini dipercayakan kepada sosok Nick Davis yang begitu apik menangani “The Clash of the Titans” dan “The Dark Knight”, sedangkan urusan desain kostum berada di tangan desainer Richard Sale yang sempat terlibat dalam film “Back in Action”.

Film hangat untuk keluarga

Sesungguhnya, tidak ada cerita bertema luar biasa yang muncul dalam "Aquaman: The Lost Kingdom". Intisari film ini tak lebih dari sekadar petualangan fantasi antara kebaikan melawan kekuatan gelap, tok!

Adegan pertempuran berskala masif atau pertempuran jarak dekat pun tergolong biasa, tidak ada kesan yang terlalu mencuri perhatian atau menimbulkan kesan wah.

Baca juga: Kembalinya sang raja Atlantis di "Aquaman and The Lost Kingdom"

Padahal kalau ingin agak dramatis, sutradara Wan mungkin bisa menampilkan adegan keren berbalut nuansa komikal ketika Orm akhirnya berhasil berlari mencapai bibir pantai dan mereguk air lautan setelah sekian lama berada di dalam gua. Bisa pula Wan dan tim penulisnya, membangun ketakutan penonton yang lebih intens dari kekejaman sosok Black Manta yang memiliki peningkatan kekuatan berkali-kali lipat.

Tetapi, satu hal yang paling terasa dari sekuel Aquaman ini adalah romantisme kehangatan cinta keluarga yang menguar begitu kuat sebagai pesan dari balik setiap adegan. Secara alam bawah sadar, penonton akan dapat meyakini bahwa sejahat-jahatnya Orm -- apalagi dengan tampilan wajah tak berdosa milik Patrick Wilson, dia tidak akan tega mengkhianati keluarga besarnya.
Arthur Curry datang ke Penjara Gurun untuk meminta bantuan kepada Orm. (ANTARA/HO/Warner Bros. Pictures)


Semuanya menjadi begitu sederhana pada sekuel Aquaman kali ini. Dominasi kisah cinta Arhur-Mera pada film sebelumnya, kini mendapatkan spektrum lebih luas yang mengarah pada keutuhan sebuah keluarga. Semua anggota keluarga mendapatkan porsi untuk menunjukkan kasih sayang -- termasuk ayah Arthur yaitu Thomas yang sedikit sekali mendapatkan sorotan kamera di film ini.

Selain itu, hal yang cukup terasa berbeda dari sekuel film ini adalah kenyataan bahwa Aquaman tidak terlalu banyak mengandalkan kemampuannya sebagai penguasa lautan seperti yang dia tunjukkan pada film pertama. Penonton akan dapat dengan mudah menghitung berapa kali Aquaman mengeluarkan kemampuan indera atau kelihaian dengan trisula maut, hanya berbekal jemari di satu bagian telapak tangan.

Pada akhirnya, tidak ada satu pun penonton yang berharap rasa persaudaraan antara Arthur dengan Orm terputus begitu saja karena perebutan takhta untuk menguasai samudera. 
 
Aquaman menggunakan senjata trisula di film "Aquaman: The Lost Kingdom" (ANTARA/HO/Warner Bros. Pictures)


Layaknya dugaan banyak orang, sepertinya pada pencinta pahlawan super DC tersebut bakalan gigit jari selama beberapa tahun ke depan karena tidak ada tanda-tanda kelanjutan kisah panjang Aquaman. Tidak perlu menanti hingga bagian pasca-kredit karena memang tidak akan ada apa-apa di sana. Penonton hanya akan mendapatkan secuil sisa potongan burger keju milik Orm lengkap beserta isinya.

Maka, pesan kemanusiaan dari peradaban Atlantis dalam menyelamatkan bumi hingga keterlibatan Perserikatan Bangsa-bangsa, rasanya cukup epik untuk mengakhiri kisah petualangan heroik Aquaman kali ini. Sebuah film sederhana namun menawan yang cocok untuk dinikmati bersama seluruh anggota keluarga jelang menutup tahun ini.

Baca juga: Sutradara bawa pesan kemanusiaan pada "Aquaman: and the Lost Kingdom"

Baca juga: Menilik kerumitan proses pembuatan film "Aquaman and the Lost Kingdom"

Baca juga: Fakta-fakta di balik adegan bawah air "Aquaman and the Lost Kingdom"

Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023