Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar, menilai kepastian hukum bagi para investor yang hendak berinvestasi di Indonesia dapat meningkatkan nilai investasi dan menaikkan kelas UMKM.

"Yang paling penting (untuk meningkat investasi dan menaikkan kelas UMKM) dari itu adalah kepastian hukum, termasuk di dalamnya adalah jaminan atas investasi tidak akan disalahgunakan atau tidak akan menjadi beban baru," ujar Cak Imin, sapaan akrab dia, saat menjawab pertanyaan dari panelis saat debat kedua Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat.

Baca juga: Cak Imin berharap visi-misi AMIN direspons positif di debat cawapres

Ia menekankan kepastian hukum terkait investasi itu akan meningkatkan kepercayaan para calon investor ataupun pengusaha dalam negeri maupun luar negeri untuk berinvestasi di Indonesia.

Selain kepastian hukum, Cak Imin menyampaikan pula investasi di Indonesia perlu diatur agar lebih terbuka, yakni tidak hanya tertutup pada sektor padat modal, tetapi juga padat karya.

Baca juga: Organisasi serikat buruh di Sulsel deklarasikan dukung AMIN

Menurut dia, investasi di sektor padat karya dapat membuka banyak lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Indonesia.

Komisi Pemilihan Umum menetapkan tiga pasang capres-cawapres peserta Pemilu presiden dan wakil presiden 2024 pada Senin 13 Desember 2023.

Baca juga: Anies Baswedan datangi kediaman Cak Imin jelang debat cawapres di JCC

Hasil pengundian nomor urut sehari berselang menetapkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama antarcapres pada Selasa (12/12), KPU menggelar debat kedua yang melibatkan tiga cawapres pada Jumat (22/12) di Jakarta. Tema debat kedua meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Baca juga: Relawan AMIN se-Demak gelar pertemuan demi serap aspirasi pengusaha

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023