Distribusinya sudah selesai pada 20 Desember.
Medan (ANTARA) - Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara (Sumut) menyatakan penyaluran bantuan pangan beras periode Desember 2023 di wilayah ini sudah tuntas dilakukan.

"Distribusinya sudah selesai pada 20 Desember," kata Pimpinan Perum Bulog Kanwil Sumut Arif Mandu, di Medan, Jumat.

Menurut Arif, tuntasnya program tersebut pada pekan ketiga Desember 2023 sudah sesuai dengan target.

Bulog Sumut dan pihak penyalur, yakni PT Pos Indonesia Regional I Sumatera memang berupaya untuk menyelesaikan pembagian itu sebelum Desember tuntas mengingat banyaknya libur pada bulan tersebut.

"Tidak ada kendala di lapangan selama penyaluran bantuan itu," ujar Arif.

Pada tahun 2023, Bulog Sumut telah menyalurkan dua tahap bantuan pangan beras untuk keluarga penerima manfaat (KPM) di wilayahnya.

Tahap pertama dilakukan selama tiga bulan mulai Maret, kemudian dilanjutkan pada tahap kedua, yakni periode September-November 2023. Lalu, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang program itu sampai Desember 2023.

Pada periode September-November 2023, bantuan itu diserahkan kepada 906.328 keluarga penerima manfaat (KPM) yang berhak mendapatkan 10 kilogram beras per bulan. Data KPM ini pula yang digunakan untuk bantuan beras bulan Desember 2023.

Nantinya, seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), bantuan pangan beras untuk keluarga penerima manfaat itu akan terus disalurkan oleh pemerintah hingga Maret 2024.

Untuk bantuan selanjutnya itu, Arif Mandu menegaskan pihaknya akan mempersiapkan semuanya dengan lebih baik.

"Kami akan mempersiapkan semuanya termasuk stok. Mudah-mudahan data KPM juga lebih cepat lengkap dari pusat. Untuk 'transporternya', nanti akan ditenderkan lagi, apakah masih PT Pos atau tidak," kata Arif pula.
Baca juga: Cadangan beras di Sumut 60 ribu ton pada Desember 2023
Baca juga: Bulog Sumut: 16.000 ton beras disalurkan ke penggilingan-distributor

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023