Jakarta (ANTARA) -
Kantor Imigrasi Kelas I Khusus non TPI Jakarta Selatan telah menerbitkan sebanyak 197.076 paspor Republik Indonesia selama periode Januari hingga Desember 2023 di wilayah Jakarta Selatan (Jaksel).
 
"Kantor Imigrasi Jakarta Selatan mengalami peningkatan sebanyak 145 persen dalam penerbitan Paspor RI yang sebelumnya pada 2022 sebanyak 136.415 paspor," kata Kepala Kantor Imigrasi Jaksel Felucia Sengky Ratna di Jakarta, Jumat.
 
Ia menyampaikan dari 197.076 yang diterbitkan itu sebanyak 105.796 Paspor Biasa, 66.236 Paspor Elektronik, 25.044 Paspor Elektronik Polikarbonat dan
 
"Terdapat juga layanan Eazy Paspor yang diberikan kepada 14 Instansi sejumlah 3.654 permohonan paspor yang diterbitkan," ucapnya.
 
Felucia menambahkan pemberian Izin Tinggal Orang Asing di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan periode Januari hingga Desember 2023 sebanyak 30.244.
 
"Didominasi oleh Warga Negara Asing berasal dari Korea Selatan yang mencapai 17.304 pemegang Izin Tinggal Terbatas serta 1.185 pemegang Izin Tinggal Kunjungan," tambahnya.
 
Selain itu, ia mengungkapkan Kantor Imigrasi Jakarta Selatan telah melakukan pendeportasian sebagai bentuk tugas dan fungsi pengawasan dan penegakan hukum keimigrasian, Tindakan Administratif Keimigrasian (TAK).
 
"Telah diberikan kepada 64 pelanggar hukum keimigrasian," ungkap Felucia.
 
Felucia mengatakan Kantor Imigrasi Jakarta Selatan juga menepis stigma masyarakat bahwa Imigrasi adalah instansi yang kaku dengan melaksanakan sosialisasi kepada anak dalam memperingati Hari
Anak Nasional Tahun 2023 di SDN 01 Durentiga.
 
"Kami secara aktif membangun interaksi
dengan masyarakat melalui akun Instagram @kanimjaksel yang sudah terveprifikasi dan
memiliki 33.400 Pengikut," katanya.
 
Felucia menuturkan tak hanya layanan paspor dan izin tinggal orang asing, dalam meningkatkan pengawasan keimigrasian, Kantor Imigrasi Jakarta Selatan juga bekerja sama dengan instansi lain yaitu mengadakan operasi gabungan, rapat kegiatan TIMPORA, workshop serta sosialisasi keimigrasian.
 
"Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dan memberikan apresiasi kepada kami. Capaian kinerja yang telah diraih selama 2023 ini merupakan bentuk komitmen dalam memberikan layanan terbaik dengan menyediakan layanan secara maksimal bagi masyarakat Jakarta Selatan," tuturnya.
 
Kantor Imigrasi Jakarta Selatan berhasil meraih tujuh penghargaan selama 2023, yaitu Satuan Kerja Lingkup KKPN Jakarta V Pagu Kecil terbaik ke-4, Rekor Muri sebagai Layanan Paspor Terbanyak sebanyak 1000 paspor di Kawasan Bebas Kendaraan Bermotor, Penghargaan Capaian Pemusnahan Arsip secara rutin dalam kurun waktu 2019-2022 oleh Arsiparis Biro Umum Sekretariat Jenderal Kemenkumham,

Unit Kerja terbaik pelayanan publik berbasis HAM oleh Kementerian Hukum dan HAM, Golden Winner dan Bronze Winner Anugerah Humas Imigrasi Indonesia (AHII) Kategori Immifluencer (Pengelolaan Media Sosial Terbaik) dan kategori The Most Caring One oleh Direktorat Jenderal Imigrasi, dan apresiasi dari KPK dalam partisipasi aktif pelayanan paspor memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2023.

 

Pewarta: Bayu Pratama Syahputra
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023