Harga kereta api dengan harga pesawat perbedaannya tidak terlalu jauh.
Jakarta (ANTARA) - Bandara Halim Perdanakusuma telah menyiapkan penambahan frekuensi jadwal penerbangan selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang.

Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma Kolonel Nav Insan Nanjaya kepada ANTARA, di Jakarta, Sabtu, mengatakan penambahan jadwal penerbangan tersedia untuk rute Yogyakarta (YIA), Surabaya (SUB), Palembang (PLM), Semarang (SRG), dan Pangandaran (CJN).

"Yogyakarta, Surabaya, Palembang, Semarang oleh maskapai Batik Air, dan Pangandaran oleh maskapai Susi Air," katanya.

Suasana Bandara Halim Perdanakusuma pada Sabtu siang terlihat belum ada penumpukan pemudik, dan arus penumpang di pintu keberangkatan juga terpantau lancar.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Posko Monitoring Natal dan Tahun Baru di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu, jumlah penumpang pada Jumat (22/12) mencapai 10.718, lebih banyak dibandingkan rata-rata penumpang harian yang tercatat 9.000.

Salah satu penumpang, Narso saat ditemui di Bandara Halim Perdanakusuma mengaku lebih memilih pesawat sebagai moda transportasi untuk pulang ke kampung halamannya di Surabaya karena efisiensi waktu.

"Harga kereta api dengan harga pesawat perbedaannya tidak terlalu jauh. Jadi mending pesawat saja lebih cepat sampai," katanya, seraya menambahkan bahwa harga tiket pesawat saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 masih relatif normal.

Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan, pemerintah memperkirakan pergerakan 107 juta orang selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Jumlah ini meningkat 43 persen dibandingkan tahun lalu.

Dari 107,63 orang itu, mobil pribadi menjadi moda transportasi favorit dengan 35,6 persen, diikuti sepeda motor dengan 17,9 persen, kereta api 13,2 persen, pesawat 11,9 persen, bus 10,9 persen, kapal penyeberangan 6 persen, dan kapal laut 3,4 persen.

Menteri Perhubungan Budi Karya pada apel pasukan Operasi Lilin dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru di Jakarta, Kamis (21/12), mengatakan bahwa pergerakan orang selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 akan didominasi oleh warga yang berwisata.
Baca juga: Jumlah pemilir di Bandara Halim Perdana Kusuma alami penurunan
Baca juga: Damri uji coba rute Stasiun KA Cepat Halim-Bandara Soetta

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023