angan lupa juga untuk memastikan tagihan listrik telah diselesaikan agar tenang saat liburan
Bekasi (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Bekasi Jawa Barat membagikan sejumlah kiat kepada pelanggan yang merencanakan bepergian meninggalkan kediaman untuk mengisi waktu liburan pergantian tahun agar terhindar dari potensi kecelakaan akibat kondisi kelistrikan.

"Bagi para electrizen yang merayakan libur dan bepergian selama Natal dan Tahun Baru, kami imbau untuk mengecek dan memastikan kondisi kelistrikan di rumah pelanggan telah aman sebelum ditinggalkan," kata Manajer PLN UP3 Bekasi Redi Zusanto di Bekasi, Jumat.

Dia menjelaskan, sebelum meninggalkan rumah, pelanggan diminta untuk memadamkan seluruh peralatan elektronik dan mencabut kabel-kabel daya listrik yang tidak dipergunakan sambil memastikan seluruh perangkat elektronik terhindar dari tempat yang basah dan lembab.

"Jangan lupa juga untuk memastikan tagihan listrik telah diselesaikan agar tenang saat liburan. Untuk pelanggan prabayar, pastikan jumlah token listrik yang ada pada KWH Meter anda cukup selama rumah ditinggalkan," katanya.

Dirinya juga meminta peralatan listrik seperti dispenser selalu terisi air yang cukup saat diposisikan menyala pada waktu ditinggalkan, agar terhindar dari korsleting dan kebakaran.

Redi juga mengingatkan untuk menjauhkan barang-barang yang bersifat mudah terbakar seperti kertas, kardus, atau buku dari sumber panas yang ada di rumah.

"Terakhir, pastikan menginformasikan kepergian anda kepada tetangga terdekat atau pengurus RT yang ada di rumah," katanya.

Pelanggan pemilik kendaraan listrik yang hendak bepergian ke luar daerah juga tidak perlu merasa khawatir karena pihaknya telah menyiagakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama 24 jam penuh.

PLN UP3 Bekasi telah mengikuti apel keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan serentak bersama PLN se-Pulau Jawa-Madura-Bali dalam rangka siaga perayaan Natal 2023 hingga Tahun Baru 2024.

Pada kesempatan itu, dilakukan pengecekan kesiapan seluruh personel, bukan hanya dari sisi peralatan kerja dan alat pelindung diri, melainkan juga dari segi kesiapan sumber daya manusia dalam bekerja.

"Jadi, di-launching program pengecekan personel secara peer to peer yang mana menitikberatkan untuk seluruh personel, saling mengingatkan, dan mengawasi selama proses bekerja," katanya.

PLN UP3 Bekasi sendiri mempersiapkan kurang lebih 350 personel yang terdiri atas Tim Pelayanan Teknik, Tim Penyambungan, dan Tim Tanggap Darurat untuk menjaga dan mengawal kehandalan sistem kelistrikan selama periode siaga Natal 2023 hingga Tahun Baru 2024.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023