Lampung Selatan (ANTARA) - Pergerakan Arus mudik Natal 2023 pada H-2 atau Sabtu melalui Penyeberangan Pelabuhan Bakauheni menuju Merak, Banten berjalan ramai lancar.

Berdasarkan pantauan, ANTARA di lokasi Sabtu siang hingga sore, kendaraan roda empat dan roda dua yang hendak menyeberang menuju pelabuhan Merak, Banten terlihat ramai lancar.

Suasana kantong parkir di Pelabuhan eksekutif dan reguler pada sore hari juga tampak seperti hari biasa.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Rudi Sunarko, mengatakan pihaknya mencatat jumlah penumpang pejalan kaki dan di dalam kendaraan dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, menuju Pelabuhan Merak, Banten, pada H-2 Natal mencapai 43.007 orang.

Data jumlah penumpang pejalan kaki sebanyak 2.955 dan penumpang di dalam kendaraan sebanyak 40.052 orang.​​​​​​​

Rudi mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

"Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari Sumatera ke Jawa yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," kata Rudi Sunarko.

Untuk diketahui PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memberlakukan ketentuan baru pembelian tiket online kapal ferry mulai 11 Desember 2023.

Ketentuan itu berlaku di Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ketapang, dan Pelabuhan Gilimanuk.

Ketentuan baru tersebut adalah pemesanan tiket ferry dapat dilakukan sampai dengan batas radius maksimal lima kilometer sebelum pelabuhan.

Ketentuan itu ditetapkan dalam Surat Dirjen Hubdat AP.406/1/5/DJPD/2023 perihal Penataan Layanan Pemesanan Tiket Elektronik di Sekitar Pelabuhan.

Baca juga: ASDP seberangkan 43.007 penumpang ke Pulau Jawa pada H-2 Natal

Baca juga: Basarnas siap antisipasi keadaan gawat darurat di Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Jumlah penumpang di Pelabuhan Bakauheni capai 35.491 orang

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023