Jakarta (ANTARA) - Wakil Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Sumantri Suwarno mengatakan bahwa pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3 berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur di era Presiden Joko Widodo dengan memperbaiki kualitas eksekusi.

“Pasangan Ganjar-Mahfud berkomitmen untuk terus melanjutkan pembangunan infrastruktur di era Presiden Jokowi dengan memperbaiki kualitas eksekusi di lapangan,” kata Sumantri dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Ia menyebut pembangunan infrastruktur tidak boleh lagi mengorbankan vendor yang mayoritas berasal dari pengusaha kecil. Kualitas pelaksanaan juga akan diperbaiki dengan tata kelola yang bijaksana.

“Kualitas pelaksanaan akan diperbaiki dengan tata kelola yang prudent (bijaksana, red.) dan penegakan hukum yang tegas untuk menimbulkan efek jera pelaku korupsi belanja infrastruktur ini,” ujar dia.

Sementara itu, dari sisi pemilihan prioritas proyek, Ganjar-Mahfud akan menitikberatkan pada kepentingan konektivitas terhadap infrastruktur lainnya dan menghitung efek bagi masyarakat di sekitar infrastruktur tersebut.

“Jangan sampai infrastruktur terbangun, tetapi utilitasnya rendah dan hanya menambah beban keuangan pemerintah,” imbuh Sumantri.

Baca juga: Hary Tanoe: Mahfud MD pemimpin yang mau hidup sederhana
Baca juga: Hari ke-26 kampanye, Ganjar datangi Jateng dan Mahfud di Jatim


Menurut dia, pembangunan infrastruktur yang baik akan menggerakkan pembangunan dari dua sisi, yakni menaikkan belanja pemerintah dan masyarakat selama pembangunan; serta menyumbang pertumbuhan ekonomi ketika selesai pembangunan karena dapat memperlancar arus barang dan jasa.

“Infrastruktur yang terkoneksi dengan baik juga akan menurunkan biaya logistik dan menjadi salah satu daya tarik investor asing untuk masuk menanamkan modalnya di Indonesia,” ucap Sumantri.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023