Buenos Aires (ANTARA News) - Banyak masinis di Argentina tertangkap kamera video nyaris tertidur saat bekerja.  Pada waktu lain mereka memakai telepon genggam dan membaca buku saat bekerja.

Kamera-kamera pengawas dipasang aejak terjadinya kecelakaan yang mematikan pada Juni, kata petugas, Rabu.

"Hanya kurang dari satu bulan setelah kamera dipasang di ruang masinis, hasilnya besar sekali," kata Menteri Perhubungan Florencio Randazzo.

Randazzo memperlihatkan rekaman video yang diambil dari tempat tersembunyi, yang memperlihatkan para masinis mengantuk, melakukan percakapan telepon dan membaca dan kadang-kadang tangannya sama sekali melepas kemudi.

Sang masinis yang terlihat berusaha keras membuka mata "sudah dibebastugaskan", kata Randazzo. "Ia mengemudi membawa ribuan penumpang."

Pengungkapan itu terjadi hanya selang beberapa waktu setelah penyelidik dalam kecelakaan kereta di Spanyol mendapati bahwa masinis sedang bercakap-cakap menggunakan telepon genggamnya ketika kereta meluncur kencang hingga keluar rel dan menyebabkan 79 orang meninggal di Santiago de Compostela.

Argentina segera memasang kamera tersembunyi di ruang masinis setelah terjadi kecelakaan pada Juni yang merenggut tiga korban jiwa, ketika satu kereta menabrak kereta lain di stasiun pinggiran barat Buenos Aires.

Pada Februari 2012, sebanyak 51 penumpang meninggal dan lebih dari 700 terluka ketika satu kereta menghantam dinding penahan stasiun di Buenos Aires.

(Uu.M007/C003)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013