Ini sebagai bentuk HMI dalam menjaga toleransi antaumat beragama di Tanah Papua
Jayapura (ANTARA) - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jayapura, Papua, membagikan 1.000 bunga kepada umat Kristiani yang melaksanakan ibadah malam kudus Natal di 13 gereja di wilayah itu, Minggu.

Koordinator HMI Cabang Jayapura Fiki Yanto Uyara di Jayapura, Minggu, mengatakan aksi tersebut merupakan sebuah tradisi yang sudah dilakukan oleh senior HMI yang hingga kini terus dilakukan sebagai upaya dalam merawat kerukunan antarumat beragama di daerah itu.

"Ini sebagai bentuk HMI dalam menjaga toleransi antaumat beragama di Tanah Papua," katanya.

Menurut Yanto, dalam pembagian bunga tersebut melibatkan sebanyak 150 orang dari HMI Cabang Jayapura yang tersebar di 13 gereja yang berada di Distrik Abepura hingga Distrik Jayapura Utara dalam.

Baca juga: HMI bantu kawal ibadah malam Misa Natal di Manokwari

"Jadi di setiap bunga itu kami juga mengutip ayat-ayat Alkitab sehingga dibaca oleh para jemaat,' ujarnya.

Dia menjelaskan kehadiran HMI di Papua diharapkan bisa menjaga kedamaian tetapi juga toleransi sehingga melalui momen tersebut semakin mempererat kerukunan umat beragama di Kota Jayapura.

Dia menambahkan selain itu pihaknya juga turut serta dalam membantu menjaga keamanan dan mengatur arus lalu lintas selama pelaksanaan ibadah malam kudus Natal.

"Kami sering melakukan hal ini terutama pada perayaan Natal dan Tahun Baru dan kami berharap Kota Jayapura terus aman dan nyaman bagi semua orang," katanya.

Baca juga: Kader HMI kawal Misa Malam Natal di Manokwari

Baca juga: Mahfud MD silahturahmi ke pengurus HMI dan KAHMI Papua

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023