Jakarta (ANTARA) -
Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkopimko) memantau pengamanan ibadah malam Natal di dua gereja di daerah itu, Minggu malam (24/12).
 
Dua gereja tersebut yakni Gereja Oikumene yang berada di Kelurahan Halim Perdanakusuma, Kecamatan Makasar dan Gereja Katolik Kalvari di Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung.
 
"Kami hadir di sini bersama Forkopimko untuk menjamin bahwa Pemerintah memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh umat beragama untuk melaksanakan ibadah mereka, sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing," kata Anwar dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Dari hasil pemantauan, kata dia, situasi dan kondisi Jakarta Timur kondusif. Terlihat juga adanya saling mendukung kelancaraan ibadah Natal bagi masyarakat Jakarta Timur yang merayakan.
 
"Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar, tertib, aman. Saya mengapresiasi kerja sama yang telah terjalin baik antara para alim ulama, pemuka agama, tokoh masyarakat, pengurus RT/RW, LMK, PKK, Kader Jumantik, Kader Dasawisma dan organisasi kemasyarakatan sebagai mitra kerja pemerintah dalam mendukung Sukses Jakarta untuk Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Ribuan warga padati Kota Tua Jakarta di malam Natal

Dalam kesempatan itu, Anwar menyebutkan, rumah ibadah tak hanya sebagai tempat beribadah, tetapi memiliki fungsi sosial dan ekonomi.
 
Fungsi ini selaras dengan program Pemkot Jakarta Timur yang menggalakkan rawita peti, "urban farming" berupa penanaman cabai rawit khususnya di tempat ibadah.

"Saat ini, sedang ditanam cabai rawita pada 65 masjid atau mushola dan 10 gereja serta 1 pura sebagai 'pilot project' di wilayah Jakarta Timur. Oleh karena itu, saya mengajak para jemaat untuk ikut serta dalam program tersebut dalam rangka menurunkan angka inflasi di Jakarta Timur," katanya. 
 
Satu pesan lainnya yang disampaikan Anwar terkait pentingnya menjaga keharmonisan dan kerukunan di masyarakat, terutama menjelang Pemilu 2024.
 
Dia meminta masyarakat tidak mudah terprovokasi akan hal-hal yang belum jelas kebenarannya.

Baca juga: Pj Gubernur DKI tinjau persiapan Natal di tiga gereja di Jakarta

"Pilihan boleh beda tapi persatuan dan keamanan wilayah harus tetap terjaga," kata Anwar.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023