Makassar (ANTARA) - PT PLN akan memasok 100 persen energi bersih dan hijau yang berasal dari empat Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro yang terletak di Makale dan Rantepao Kabupaten Toraja dan Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

"PLN berkomitmen akan menerapkan 100 persen penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk melistriki Tana Toraja dan Toraja Utara," ungkap General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) Moch Andy Adchaminoerdin melalui keterangannya di Makassar, Senin.

Andy mencatat total daya mampu pembangkit di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara berbasis air sebesar 27,7 Mega Watt (MW) diantaranya adalah PLTM Malea berkapasitas 6,7 MW, PLTM Pongbatik berkapasitas 3 MW, PLTM Madong dengan kapasitas 10 MW dan PLTM Maiting Hulu 8 MW.

PT PLN sebagai salah satu penggerak roda ekonomi bangsa dan motor dalam katalisator suksesnya transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE) 2060 di Indonesia.

PLN juga turut berkomitmen mendukung pengembangan destinasi wisata berkelanjutan (green tourism) melalui pasokan energi bersih khususnya di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara untuk pengembangan kawasan wisata yang bebas polusi dan ramah lingkungan.

Terletak di dataran tinggi Sulawesi Selatan, Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal bahkan mancanegara.

Dengan segala keindahan alam dan keunikan kultur budayanya, lokasi wisata tersebut sudah mendunia.

Menurut Andy, energi hijau ini seiring dengan Program green tourism yang dikemas dalam tajuk Toraja GENTLE yaitu Green Electrifying Lifestyle Ecosystem Kawasan Wisata Toraja dan Toraja Utara yang berbasis energi ramah lingkungan.

"Jadi sekarang penggunaan energi hijau ini menjadi suatu kebutuhan atau kewajiban yang harus kita mulai dari sekarang. Terkait dengan green tourism, kami dukung penuh, karena segala energi masa depan itu adalah energi listrik,” ujarnya.

Andy juga menawarkan guna meningkatkan nilai tambah lainnya, PLN juga menyediakan Renewable Energy Certificate (REC) bagi para pelaku industri khususnya perhotelan.

"Kami optimistis dengan sinergi antara PLN dengan stakeholder, program yang turut mendorong kampanye penggunaan energi bersih dapat memberikan sumbangsih dalam peningkatan animo wisata di Kabupaten Toraja dan Toraja Utara," ujarnya.

Baca juga: PLN ajak komunitas global kolaborasi wujudkan energi bersih

Baca juga: Pemerintah upayakan energi berkelanjutan untuk hadapi perubahan iklim


 

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023