sudah di atur melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 7 Tahun 2014 tentang hari libur satwa pada Taman Margasatwa Ragunan
Jakarta (ANTARA) -
Pengelola Taman Margasatwa Ragunan di Pasar Minggu, Jakarta Selatan dalam rangka tahun baru menunda hari libur satwa yang biasanya dilaksanakan setiap hari Senin menjadi Selasa (2/1/2024).
 
"Memang sesuai ketentuan, kalau libur satwa berada di tengah hari libur nasional, libur satwa kami undur," kata Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang di Jakarta, Senin.
 
Ia mengatakan ketentuan tersebut sudah di atur melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 7 Tahun 2014 tentang hari libur satwa pada Taman Margasatwa Ragunan.
 
"Karena ini kan libur nasionalnya panjang, kami berkesimpulan untuk Minggu ini tidak ada libur hingga 1 Januari 2024 dan baru libur pada 2 Januari 2024 dan buka kembali pada 3 Januari 2024," ucap Wahyudi.
 
Wahyudi menjelaskan selama tidak ada libur satwa pihaknya telah memberikan tambahan multivitamin dan makanan  untuk menjaga kesehatan satwa di Taman Margasatwa Ragunan.
 
"Ada penambahan dari porsi makanannya ataupun dari segi kualitasnya untuk meningkatkan kesehatan satwa-satwa di sini," jelasnya.
 
Wahyudi menambahkan pihaknya juga menyiapkan lahan parkir tambahan menyusul meningkatnya jumlah pengunjung yang datang untuk berlibur di Taman Margasatwa Ragunan.
Pengunjung melihat Jerapah di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Senin (25/12/2023). ANTARA/Bayu Pratama Syahputra.
"Lahan parkir kita tambahkan karena memang daya tampung ruang parkir tidak mencukupi, jadi kami tampung di dalam area untuk mengantisipasi membeludaknya kendaraan yang antre di depan," tambahnya.
 
Selain itu, ia menghimbau kepada pengunjung untuk membawa perlengkapan fasilitas hujan yaitu payung atau jas hujan, kedua selalu menggunakan masker saat di kerumunan dan selalu menjaga anaknya ketika berada di lokasi satwa yang ramai pengunjung.
 
"Inikan sudah mulai turun hujan dengan intensitas cukup tinggi dan informasi COVID-19 mulai naik juga serta bagi pengunjung yang membawa anak-anaknya harus selalu diperhatikan agar tidak terpisah," ucapnya.
 
Wahyudi mengungkapkan yang berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan tercatat hingga pukul 11.00 WIB, Senin, jumlah pengunjung mencapai 19.688 wisatawan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa untuk melihat 2.200 satwa dari 230 jenis yang dikoleksi.
 
"Dari pukul 07.00 WIB sudah mulai dipadati pengunjung dari berbagai daerah pada libur Natal, ini besar kemungkinan akan terus meningkat hingga sore nanti," ucapnya.
 
Ia menyampaikan selain dua tempat itu Taman Margasatwa Ragunan juga memiliki fasilitas baru yaitu lintasan lari  dan papan catur raksasa.
 
"Salah satu tempat favorit pengunjung juga untuk hiburan, memiliki banyak lokasi foto sebagai kenang-kenangan, dan tersedia banyak fasilitas olahraga," tuturnya.

Pewarta: Bayu Pratama Syahputra
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023