Sentani (ANTARA News) - Untuk pengamanan Idul Fitri 1434 Hijriah di Kabupaten Jayapura, Papua, jajaran Kepolisian Resort (Polres) Jayapura menyiagakan sekitar 500 personel gabungan.

Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Jayapura AKBP Roycke Harry Langie mengatakan ke-500 personel ini terdiri dari berbagai shif atau empat per tiga kekuatan.

"Kami biasanya akan menjaga di wilayah bandara, di depan masjid raya dan di depan mall Borobudur. Juga di tempat pariwisata seperti di Pantai Depapre dan di Khalkote, Distrik Sentani Timur," ujarnya kepada Antara di Sentani, Jumat.

Kapolres menuturkan pihaknya akan melakukan langkah antisipasi sesuai dengan arahan dari Kapolri yaitu ancaman teroris dan gangguan keamanan juga penjagaan rumah bagi warga yang mudik atau bepergian.

"Untuk itu kami akan melakukan pendataan lagi agar dapat memperoleh data yang valid," tandasnya.

Selain itu, Kapolres mengungkapkan penjagaan di tiap rumah ibadah selama perayaan hari raya Lebaran tetap dilakukan yaitu dengan menempatkan personelnya untuk berjaga.

"Sedangkan untuk razia atau swepping, hal itu akan dilakukan secara selektif. Apalagi menjelang tanggal 17 Agustus," urainya.

Ia juga mengatakan razia ini juga dilakukan untuk mencegah adanya warga yang hendak membawa senjata tajam. Tidak hanya itu, hingga saat ini kondisi keamanan menjelang Lebaran kondusif.

"Kondisi keamanan ini juga atas kerjasama masyarakat," tegasnya.

Kapolres menambahkan pihaknya juga akan menempatkan aparat kepolisian yang bermotor untuk melakukan patroli di wilayah Kabupaten Jayapura selama bulan ini. (*)

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013