Jumlah tersebut dihitung selama tujuh hari pelaksanaan posko terpadu Natal dan Tahun Baru, dimulai dari 18 Desember 2023 (H-7) sampai 24 Desember 2023 (H-1)
Tanjungpinang (ANTARA) - Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) mencatat jumlah penumpang pesawat selama periode Natal dan Tahun Baru mencapai 5.765 orang atau naik 26 persen dibanding tahun sebelumnya.

Demikian pula dengan pergerakan pesawat yang sebanyak 64 pesawat atau meningkat 28 persen dari tahun sebelumnya, dan pergerakan kargo sebanyak 156 ton atau meningkat 51 persen dari tahun sebelumnya.

"Jumlah tersebut dihitung selama tujuh hari pelaksanaan posko terpadu Natal dan Tahun Baru, dimulai dari 18 Desember 2023 (H-7) sampai 24 Desember 2023 (H-1)," kata Kepala Operasional Bandara RHF Tanjungpinang, Rudi Sudrajad, Senin.

Berdasarkan data, kata Rudi, puncak arus mudik sebelum Natal di Bandara RHF Tanjungpinang terjadi pada 21 Desember 2023 atau H-4 dengan pergerakan pesawat sebanyak 14 pesawat dan penumpang sebanyak 966 orang.

Ia menjelaskan tren kenaikan penumpang pesawat tahun ini dipicu perayaan Natal dan Tahun Baru, libur anak sekolah, serta mobilitas masyarakat yang cukup tinggi terkait kegiatan jelang Pemilu 2024.

"Angkutan logistik Pemilu juga ikut memicu kenaikan kargo pesawat di bandara RHF," ujar Rudi.

Ia menyampaikan pada masa Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, rute penerbangan yang dilayani dari dan ke Bandara RHF masih sama seperti hari-hari pada umumnya, yaitu Jakarta/Tangerang yang dilayani oleh Maskapai Garuda Indonesia, Citilink Indonesia dan Batik Air. Untuk jadwal keberangkatan Batik Air dan Citilink setiap hari, sedangkan Garuda Indonesia enam kali dalam seminggu.

Kemudian, ada pula rute antarpulau di wilayah Kepri, yaitu Dabo Singkep, Tambelan dan Letung yang dilayani oleh Maskapai Susi Air. Jadwal keberangkatannya setiap Selasa dan Kamis.

"Untuk harga tiket tujuan Jakarta rata-rata Rp1,3 juta. Khusus Susi Air, masih di kisaran Rp300 ribu," ungkapnya.

Rudi menambahkan selama periode Natal dan Tahun Baru, PT Angkasa Pura II Bandara RHF Tanjungpinang bersinergi dengan TNI/Polri, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Basarnas dan Satpol PP Kota Tanjungpinang serta instansi/stakeholder terkait telah mendirikan posko terpadu di bandara tersebut.

"Posko terpadu bertujuan mendukung keamanan, keselamatan serta kelancaran perayaan Natal dan Tahun Baru," kata Rudi.

Baca juga: Bandara RHF tutup rute penerbangan Tanjungpinang-Pekanbaru

Baca juga: Bandara RHF Tanjungpinang angkut 14.648 penumpang selama Idul Fitri

 

Pewarta: Ogen
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023