Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa hukum diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Senin (25/12), yang masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.
 
1. Polri catat 69.930 kendaraan tinggalkan Jakarta via Tol Cikampek Utama

Selama dua hari pelaksanaan Operasi Lilin 2023 yakni Jumat (22/12) dan Sabtu (23/12), Polri mencatat sebanyak 69.930 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol Cikampek Utama arah Transjawa.

Juru bicara Polri dalam Operasi Lilin 2023 Kombes Pol. Tjahyono Saputro di Jakarta, Minggu, menyebutkan jumlah kendaraan yang keluar Jakarta melalui GT Cikampek Utama terjadi pada Sabtu (23/12), yakni sebanyak 51.082 kendaraan.

"Sedangkan jumlah kendaraan yang keluar Jakarta pada hari Jumat (22/12) sebanyak 18.848 kendaraan," katanya.

Selengkapnya baca disini.


2. KPK fasilitasi kebaktian Natal kepada 24 tahanan kasus korupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memfasilitasi kebaktian Natal bagi 24 orang tahanan lembaga antirasuah yang merayakan Natal 2023.

Menurut Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Senin, sebanyak 20 orang tahanan mengikuti kebaktian Natal di Rutan KPK, kemudian empat orang lainnya di Rutan Puspomal.

Ali mengatakan ibadah Natal dipimpin oleh Pendeta Djefri Kansil dan kebaktian mengangkat tema 'Only by His Grace' (Yohanes 3:16).

Selain itu, KPK juga telah menerima 95 orang pengunjung yang datang langsung ke Rutan dan para keluarga dan kerabat tersebut mengunjungi 31 orang tahanan KPK dari total 89 orang tahanan KPK yang ada saat ini.

Selengkapnya baca disini.


3. Lima narapidana di Bali terima remisi bebas

Sebanyak lima narapidana di Provinsi Bali menerima remisi langsung bebas, dari total 335 orang penerima remisi sehubungan Hari Raya Natal 2023 yang diserahkan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali.

“Ini salah satu bentuk apresiasi dan penghargaan dari negara kepada narapidana yang telah menunjukkan perubahan perilaku dan kemauan untuk memperbaiki diri,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham Bali Romi Yudianto di Denpasar, Senin.

Ada pun total narapidana yang menerima remisi khusus Natal di seluruh Bali mencapai 335 orang warga binaan yang beragama Kristen.

Berdasarkan data Kanwil Kemenkumham Bali, dari lima warga binaan yang langsung bebas itu dua di antaranya memiliki kewarganegaraan asing.

Selengkapnya baca disini.


4. Kapolri: Natal momentum pengingat kasih Tuhan untuk Bangsa Indonesia

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan perayaan Natal 202 menjadi momentum pengingat kebesaran kasih Tuhan Allah, yang senantiasa memberikan kekuatan kepada Bangsa Indonesia untuk bangkit dan terus bergerak maju melewati berbagai rintangan

"Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 kali ini merupakan momentum pengingat kebesaran kasih Allah, yang senantiasa memberikan kekuatan kepada Bangsa Indonesia untuk bangkit dan terus bergerak maju melewati berbagai tantangan, demi menggapai cita-cita mulia Indonesia Emas 2045," kata Sigit dalam video ucapan Natal dan Tahun Baru dikutip dari Humas Polri, Jakarta, Senin.

Jenderal polisi bintang empat tersebut, membagikan ucapan selamat Natal dan Tahun Baru 2024 melalui media sosial miliknya kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Selengkapnya baca disini.


5. Polda Sulteng bentuk tim gabungan selidiki kecelakaan kerja di PT ITSS

Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah membentuk tim gabungan untuk melakukan penyelidikan atas peristiwa kecelakaan kerja yang terjadi di PT. Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) pada Minggu (24/12) pagi.

Kapolda Sulteng Irjen Pol. Agus Nugroho bersama Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Dodi Triwinarto terbang ke Kabupaten Morowali, Minggu, untuk mengecek langsung lokasi kecelakaan kerja di PT. ITSS, yang berada di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) itu.

"Untuk penyelidikan atas peristiwa ini, kami telah membuat tim gabungan terdiri dari penyidik Polda Sulteng bersama Polres Morowali dengan back up tim penyidik Bareskrim Polri, Tim DVI Biddokkes dan tim Inafis dari Laboratorium forensik Makassar maupun Mabes Polri," kata Agus saat menyampaikan keterangan kepada media di Kabupaten Morowali, Senin.

​​​​​​​Selengkapnya baca disini.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023