Kami berkomitmen untuk menjaga pasokan logistik dari Sumut terutama menuju Batam.
Medan (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Medan, Sumatera Utara, menyatakan arus pengiriman kargo yang dimuat dalam kontainer selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 berjalan lancar.

"Kami berkomitmen untuk menjaga pasokan logistik dari Sumut terutama menuju Batam," ujar Kepala Cabang PT Pelni Medan Biwa Abi Laksana di Medan, Rabu.

Biwa melanjutkan, selama periode libur akhir 2023, pihaknya dapat membawa delapan sampai 12 kontainer dengan KM Kelud dari Pelabuhan Belawan, mayoritas bertujuan menuju Batam. Setiap kontainer tersebut memiliki kapasitas 12 ton.

Baca juga: 3.741 penumpang tiba di Belawan pada puncak arus mudik libur Natal

Menurut dia, frekuensi pengiriman kargo kontainer selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 menurun dibandingkan hari normal yang mencapai 15-17 kontainer setiap keberangkatan kapal.

Hal itu, Biwa melanjutkan, terjadi karena padatnya jadwal embarkasi dari Pelabuhan Belawan.

"Jumlahnya lebih sedikit karena selama periode Natal dan Tahun Baru hampir setiap hari ada kapal yang berangkat. Kalau waktu normal, kan, biasanya sekali seminggu," kata dia.

Untuk memperlancar pengangkutan logistik pada masa Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Pelni Medan menyiapkan 22 kontainer tambahan di Pelabuhan Belawan.

Karena tingginya frekuensi pelayaran, Pelni Medan tidak memiliki banyak waktu untuk membongkar kontainer yang sebelumnya digunakan, untuk mengangkut kiriman baru dari pelabuhan seperti masa normal.

Baca juga: Pelni koordinasi dengan instansi terkait untuk cegah gangguan keamanan

Oleh karena itu, barang-barang bawaan anyar dari Pelabuhan Belawan pun harus memakai kontainer-kontainer tambahan yang sudah disiagakan sebelumnya.

"Pengiriman logistik dari Medan cukup diminati terutama untuk komoditas sayur, buah-buahan dari Sumatera Utara yang biasanya dikirim ke wilayah lain seperti Batam," kata Biwa.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023