Jakarta (ANTARA) -
Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo sudah siap menghadapi debat ketiga yang bertema pertahanan dan keamanan (hankam), hubungan internasional, geopolitik pada 7 Januari 2024.

Hal disampaikan Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Chico Hakim.

"Sampai saat ini Ganjar masih fokus menjalankan aktivitas kampanye seperti biasa. Namun, ada waktunya Ganjar berdiskusi dengan tim di TPN yang memiliki kompetensi dan latar belakang sesuai tema debat ketiga," ujar Chico dalam keterangannya di Jakarta pada Kamis.

Mendekati hari debat ketiga, Chico memastikan Ganjar akan lebih banyak beristirahat dan akan tampil maksimal pada debat ketiga nanti.

Chico mengatakan bahwa Ganjar telah mendapatkan masukan dari para pakar mengenai banyak hal termasuk hankam, hubungan internasional, dan geopolitik.

“Secara umum tentu akan membahas ketiga topik, dengan fokus yang konsisten seperti selama ini, yaitu dampak dari ketiga topik tersebut pada rakyat Indonesia secara keseluruhan,” kata Chico.

Selain itu, kata dia, Ganjar dan para pakar sudah melakukan pembahasan tentang situasi dan kondisi saat ini, seperti siber dan teknologi di ruang-ruang pertahanan dan keamanan, sikap diplomasi internasional Indonesia sebagai bangsa terkait isu-isu kekinian, termasuk perang Ukraina-Rusia, permasalahan di Palestina dan sebagainya.

“Insya Allah Pak Ganjar yang pernah dua periode sebagai anggota legislatif dan dua periode sebagai gubernur, tentu secara umum memiliki pengetahuan yang cukup tentang ketiga topik ini,” ujar Chico.

KPU RI pada Senin, (13/11), telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Baca juga: KPU sediakan podium dan satu mikrofon di debat ketiga Pilpres 2024
Baca juga: KPU akan optimalkan peran moderator di debat ketiga Pilpres 2024
Baca juga: Besok, KPU akan bahas lokasi debat ketiga dengan media penyelenggara

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023