Semarang (ANTARA) - Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) terus menggencarkan konsolidasi posko pemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk Pemilihan Umum 2024 di wilayah Jawa Tengah.

"Jawa Tengah adalah salah satu prioritas, menang di sini, Prabowo-Gibran menang satu putaran," kata Ketua Umum Prima Agus Jabo Priyono dalam pernyataan yang diterima di Semarang, Kamis.

Saat ini, Prima sudah menggelar konsolidasi posko di eks Keresidenan Pekalongan, Semarang, dan Kedu, serta dilanjutkan di eks Keresidenan Solo (26/12), dan eks Keresidenan Pati (27/12).

Menurut Agus Jabo, kegiatan konsolidasi posko tersebut merupakan upaya untuk menyamakan persepsi dan gerak dalam proses pemenangan Prabowo-Gibran pada Pemilu 2024, khususnya di Jateng.

Apalagi, dalam strategi pemenangan Prabowo-Gibran, Jateng menjadi salah satu daerah prioritas yang harus dikerjakan secara fokus dan serius.

Baca juga: Prima targetkan Prabowo-Gibran menang di Pulau Jawa

Melalui konsolidasi posko tersebut, kata dia, Prima juga berusaha membumikan program prioritas Prabowo-Gibran, yakni hilirisasi dan industrialisasi nasional kepada masyarakat.

Menurut ia, program prioritas hilirisasi dan industrialisasi itu akan bermanfaat besar bagi pembangunan ekonomi Indonesia ke depan

"Satu negara tidak akan maju jika negara itu bukan negara industri. China maju karena industri, Jepang maju karena industri dan Rusia maju karena industri," kata pria kelahiran Magelang, Jawa Tengah, itu.

Ia mengatakan bahwa selama ini Indonesia selalu mengirimkan sumber daya alam (SDA) mentahnya ke luar negeri, padahal kebijakan itu hanya menguntungkan industri negara lain.

"Ini harus dihentikan, Indonesia harus mampu mengolah dan mengelola SDA-nya sendiri," katanya.

Baca juga: Partai Prima: Hilirisasi 21 sektor pembangunan bangun jatidiri bangsa

Kegiatan konsolidasi posko eks Keresidenan Solo diikuti oleh pengurus DPK Prima Kota Surakarta, Kabupaten Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri, Boyolali, dan Sukoharjo.

Sementara pada konsolidasi posko eks Keresidenan Pati dihadiri oleh DPK Prima Kabupaten Pati, Rembang, Blora, Kudus, dan Jepara.

Meski tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2024, Prima masuk dalam bagian partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung pasangan Prabowo-Gibran sebagai calon presiden dan wakil presiden.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 13 November 2023 telah menetapkan tiga pasangan capres dan cawapres menjadi peserta Pilpres 2024.

Berdasarkan hasil pengundian, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: KPU nyatakan Prima tak penuhi syarat untuk ikuti verfak perbaikan

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023