Masa angkutan Nataru (Natal dan tahun baru), DAMRI menyiapkan sebanyak 1.324 bus yang telah melalui serangkaian inspeksi keselamatan/rampcheck yang dioperasikan untuk memaksimalkan kenyamanan dan keamanan pelanggan selama perjalanan. DAMRI berkomitme
Karawang (ANTARA) - DAMRI, Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang transportasi darat, mencatat volume penumpang pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan 2022.

Corporate Secretary DAMRI, Chrystian R.M Pohan dalam keterangannya yang diterima di Karawang, Jabar, Kamis, mengatakan, pada musim libur Natal atau pada 19-26 Desember 2023, tercatat 805.110 penumpang perjalanan jarak jauh.

Ia menyebutkan, terdapat peningkatan 62,4 persen penumpang pada tahun ini dibanding periode yang sama tahun 2022 yang mencapai 302.948 penumpang.

Di antara terjadinya lonjakan penumpang pada periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini dipengaruhi oleh semakin membaiknya kondisi pandemi yang membuat normalnya mobilitas masyarakat menggunakan transportasi publik.

Selain itu, kata Pohan, juga karena DAMRI terus melakukan perbaikan layanan seperti peremajaan armada bus pada awal Desember 2023.

Menurut dia, pada periode libur Natal dan Tahun Baru puncak arus mudik terjadi pada 22 Desember 2023 sebanyak 112.097 penumpang, dengan okupansi tempat duduk yang disediakan sebanyak 142.945.

Adapun puncak arus baliknya terjadi pada 1 Januari 2024 sebanyak 1.014 tiket secara online telah terjual (Cabang Jakarta, Lampung, Pontianak, Yogyakarta, Purwokerto dan Wonosobo) dengan okupansi tempat duduk yang disediakan sebanyak 115.111.

Untuk rute favorit pelanggan perjalanan jarak jauh pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2024 ialah Jakarta menuju Surabaya, Malang, Tanjung Karang, Rajabasa, Metro, Purwokerto, Wonosobo, dan Yogyakarta. Kemudian Bandung-Metro, Pontianak menuju Sintang, Pangkalan Bun, serta Angkutan Antar Negara Pontianak-Kuching dan Singkawang-Kuching.

Sementara untuk periode 19 hingga 2 Januari 2024, DAMRI mencatat terdapat 40.046 tiket telah terjual dari total tiket yang disediakan sebanyak 53.627 tempat duduk.

Disebutkan kalau tiket tersebut di antaranya adalah untuk rute Transjawa, yaitu Jakarta menuju Yogyakarta, Surabaya, Malang. Kemudian Kemayoran menuju Wonosobo, rute dari dan menuju Lampung, Pontianak, Purwokerto, dan Cilacap.

“Masa angkutan Nataru (Natal dan tahun baru), DAMRI menyiapkan sebanyak 1.324 bus yang telah melalui serangkaian inspeksi keselamatan/rampcheck yang dioperasikan untuk memaksimalkan kenyamanan dan keamanan pelanggan selama perjalanan. DAMRI berkomitmen bahwa keselamatan merupakan fokus utama selama periode Nataru,” kata Pohan.

DAMRI mengimbau kepada masyarakat yang ingin bepergian agar dapat memesan tiket perjalanan secara online melalui aplikasi DAMRI Apps, agar tidak terjadi antri di loket yang menyebabkan tertinggalnya perjalanan bus.

Baca juga: Damri operasikan 1.324 bus selama periode Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Damri uji coba layanan penumpang trayek Singkawang-Kuching

Baca juga: Damri uji coba rute Stasiun KA Cepat Halim-Bandara Soetta

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023