Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md mengajak para santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, untuk senantiasa menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Saya tadi bicara pendidikan pesantren sebagai elemen dari nasionalisme kita sehingga tidak bisa dilepaskan dari tradisi keilmuan pesantren karena Indonesia merdeka juga berkat dukungan ulama di pesantren," kata Mahfud kepada wartawan di Lumajang, Kamis.

Mahfud melakukan safari politik ke sejumlah daerah di Jawa Timur pada hari ke-31 kampanye Pilpres 2024. Setelah dari Ponpes Al-Khoziny di Kabupaten Sidoarjo, Mahfud melanjutkan ke Ponpes Miftahul Ulum di Lumajang.

"Para santri wajib hukumnya menjaga NKRI berdasarkan Pancasila karena hal tersebut hasil ijtihad ulama yang kemudian dirajut oleh elemen-elemen bangsa yang lain," tuturnya.

Baca juga: Mahfud Md ajak santri Al Khoziny jujur, berani dan tidak tamak

Pasangan Ganjar Pranowo itu juga berpesan agar para santri menjaga moral dan etika, tidak boleh tamak dan terus memegang erat kejujuran. Ia juga mengimbau para santri ikut menjaga negara dengan ikut pemilu.

Setelah dari Lumajang, Mahfud Md melanjutkan safari politiknya pada malam hari dan menginap di Pondok Pesantren Nurul Qurnain di Kabupaten Jember.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: TPN yakin 21 program unggulan Ganjar-Mahfud bisa terealisasi
Baca juga: Ganjar di Jakarta, Mahfud ke Jatim di hari ke-31 kampanye

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023