Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar meraih peringkat terbaik dari Kementerian Ketenagakerjaan sebagai Dinas Tenaga Kerja pelaksana program kawasan
Gianyar, Bali (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar, Bali, meraih empat penghargaan sekaligus di akhir tahun 2023, bahkan meraih peringkat terbaik dari Kementerian Ketenagakerjaan RI sebagai Dinas Tenaga Kerja pelaksana program kawasan.

"Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar meraih peringkat terbaik dari Kementerian Ketenagakerjaan sebagai Dinas Tenaga Kerja pelaksana program kawasan dalam acara di Mojokerto, Jawa Timur," kata Kadisnaker Gianyar Ida Ayu Ketut Surya Adnyani, dalam siaran pers di Gianyar, Kamis.

Disnaker Gianyar juga menerima penghargaan terbaik dalam komitmen pemerintah daerah sebagai daerah tetap penerima kegiatan Kawasan.

Gianyar mampu menghasilkan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) terbaik sebagai penerima kegiatan Kawasan yaitu TKM Putra Samudra Desa Lebih dalam pengolahan hasil laut, tambah Kadisnaker Gianyar.

Bersamaan dengan kegiatan pemberian penghargaan tersebut, juga dilaksanakan business matching dimana kelompok TKM dipertemukan dengan investor dan para pembeli.

Baca juga: DPRD Gianyar bersama KPK gelar rakor pemberantasan korupsi

Baca juga: Airnav salurkan alat kerja perajin ukir tulang di Gianyar Bali


Pada kesempatan itu TKM Kembang Sari Kain Tropis Kabupaten Gianyar mendapatkan predikat TKM Kawasan Terbaik dengan predikat peraih mitra terbanyak.

Program perluasan kesempatan kerja berbasis Kawasan mulai dilaksanakan di Kabupaten Gianyar sejak tahun 2021.

“Pada tahun 2021, Gianyar ditetapkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan sebagai kabupaten penerima program perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan. Dan kami di Disnaker melaksanakannya dengan baik sesuai acuan yang ada serta rutin memantau kegiatan yang dilaksanakan,” ujar Kadisnaker Dayu Surya.

Program tersebut direalisasikan dengan membentuk kelompok-kelompok kerja di wilayah tertentu, dan di Gianyar membuat 10 kelompok TKM.

“Kami awalnya membentuk 10 kelompok dimana di Desa Lebih ada 5 kelompok nelayan, Desa Bakbakan 2 kelompok, Desa Sidan 3 kelompok,” ucapnya.

“Seiring perjalanan waktu, perkembangan dari TKM di Gianyar sangat luar biasa. Ekosistem ketenagakerjaan sudah terbangun dengan baik. Dan dari perkembangan tersebut akhirnya Gianyar dinobatkan sebagai penyelenggara kegiatan terbaik di Indonesia,” lanjut Dayu Surya.

Ia berkomitmen akan selalu meningkatkan kinerja bersama jajaran guna mengurangi pengangguran dengan menciptakan lapangan pekerjaan atau memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat. Serta akan selalu memberikan pelatihan dan pendampingan kepada calon tenaga kerja Indonesia agar dapat berangkat dengan legal.

Serta tidak kalah pentingnya, Disnaker Gianyar juga selalu memberikan pelatihan ketrampilan melalui Balai Latihan Kerja dengan harapan peserta pelatihan siap bersaing pada dunia kerja ataupun mampu membuka lapangan kerja sendiri.

Sebelumnya pada Mei 2023 Gianyar juga telah meraih peringkat 1 nasional dalam perluasan kesempatan kerja.

“Jadi banyak penghargaan sebenarnya yang sudah kita raih bersama, tentunya program ini dapat berjalan baik selain karena didukung oleh komitmen kami di Disnaker juga berkat kerjasama seluruh semua pihak, baik desa maupun masyarakat penerima manfaat yang selalu bersemangat,” kata Dayu Surya.

Baca juga: Pj Bupati Gianyar bagikan sembako dan tabungan ke warga miskin

Baca juga: Pemkab Gianyar bantu 928 pedagang pasar ikut perlindungan jamsostek

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023