Problem pupuk bukan hanya problem petani, melainkan juga petambak ikan.
Jakarta (ANTARA) - Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI Muhaimin Iskandar berjanji akan menjamin ketersediaan pupuk dan pemasaran hasil produksi dengan melakukan kontrak pertanian jika memenangi Pilpres 2024.

"Tugas pasangan AMIN jika terpilih adalah menyediakan pupuk, pakan, dan pasar yang kontrak kerjanya ada," kata Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar, melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Cak Imin mengatakan hal tersebut ketika bertemu petambak bandeng di Desa Tanggulrejo, Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur.

Menurut dia, kesulitan petambak dan petani semua sama, yaitu terkait dengan permasalahan pupuk subsidi yang sulit mereka dapatkan. Untuk itu, jika pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) terpilih, akan langsung memeriksa pabrik pupuk dan menelusuri mafia pupuk.

"Problem pupuk bukan hanya problem petani, melainkan juga petambak ikan. Untuk itu, harus dicarikan solusi ketersediaan pupuk untuk petambak dan petani," ujarnya.

Tidak hanya itu, pasangan AMIN juga akan memastikan kepastian penjualan bagi petani dan petambak dengan menerapkan sistem kontrak pertanian agar nantinya harga di tingkat produksi bisa tetap stabil.

"Harga ke depannya disepakati bersama sehingga petani, peternak, dan petambak tugasnya berproduksi," tuturnya.

Keluh kesah petambak memang terbaca jelas dalam spanduk-spanduk yang terpasang di gedung tempat acara berlangsung. Mereka mengeluh soal sulitnya memperoleh solar dan pupuk serta rendahnya harga jual ikan.

Petambak yang hadir mayoritas adalah petambak ikan bandeng. Ainul Wafiq, pekerja di tambak bandeng, mengaku kesulitan mendapatkan pupuk. Selain itu, kelangkaan solar menjadi penghambat produksi bandeng.

"Kalau pupuknya mahal, ongkos produksi jadi bertambah, sedangkan solar juga langka. Jadi, ini yang harus segera dicari jalan keluarnya," kata Ainul Wafiq.

Baca juga: Cak Imin janji bentuk Desain Pangan Nasional saat kampanye ke Gresik
Baca juga: Cak Imin dicurhati pedagang Pasar Menganti Gresik


Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023