Jakarta (ANTARA) - Pada Jumat (29/12), Gunung Dukono di Pulau Halmahera, Maluku Utara, dilaporkan erupsi dan memuntahkan abu vulkanik setinggi 2.800 meter. Ada pula warta tentang eksploitasi anak pindah ke ruang virtual.

Selain itu, ada berita tentang Indonesia yang memiliki sumber daya genetik melimpah sebagai bahan baku bioprospeksi yang potensial untuk mendongkrak ekonomi nasional. Berita-berita tersebut dapat kembali disimak dalam ringkasan berikut.

1. Gunung Dukono muntahkan abu vulkanik setinggi 2,8 kilometer pagi ini

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi melaporkan telah terjadi erupsi berupa lontaran abu vulkanik setinggi lebih kurang 2.800 meter yang keluar dari kawah Gunung Dukono di Pulau Halmahera, Maluku Utara.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Dukono Sarjan Roboke dalam laporan yang diterima di Jakarta Jumat mengatakan, erupsi terjadi pada pukul 07.03 WIT dengan kolom abu tebal berwana putih hingga kelabu mengarah ke timur laut.

2. Eksploitasi seksual anak pindah ke ruang virtual

ECPAT Indonesia, jaringan global organisasi masyarakat sipil yang bekerja untuk mengakhiri eksploitasi seksual terhadap anak, menyebutkan perkembangan teknologi yang pesat membuat eksploitasi seksual anak saat ini bergeser ke ruang virtual.

"Terjadi pergeseran eksploitasi seksual anak yang selama ini terjadi dalam ruang nyata. Berkembangnya teknologi, maka eksploitasi seksual itu pindah ke ruang virtual," kata Koordinator Nasional ECPAT Indonesia Ahmad Sofian dalam acara via daring, Keberlanjutan Program Perlindungan Anak dalam Menghapus Eksploitasi Seksual Anak Online Di Indonesia, di Jakarta, Jumat.

3. BP2MI akan perluas penempatan PMI skema G to G ke 19 negara

Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) akan memperluas penempatan pekerja migran Indonesia dengan skema Government to Government (G to G) hingga ke 19 negara pada 2024.

"Terkait hal ini, Presiden (Joko Widodo) setuju dengan penempatan G to G ditambah 19 negara," ujar Kepala BP2MI Benny Rhamdani dalam acara refleksi akhir tahun 2023 di Jakarta, Jumat.

4. PVMBG petakan desa dalam kawasan rawan bencana erupsi di Flores Timur

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Nusa Tenggara telah memetakan beberapa desa yang masuk Kawasan Rawan Bencana (KRB) erupsi Gunung Lewotobi.

Gunung Lewotobi itu terletak di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). KRB I terdiri dari lima desa dan tujuh dusun, sedangkan KRB II terdiri dari dua desa dan dua dusun," kata Kepala Balai Pemantau Gunung Api dan Mitigasi Gerakan Tanah Wilayah Nusa Tenggara, Zakarias Ghele Raja.

5. KLHK sebut bioprospeksi potensial untuk mendongkrak ekonomi

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengungkapkan Indonesia memiliki sumber daya genetik yang melimpah sebagai bahan baku bioprospeksi yang potensial untuk mendongkrak ekonomi nasional.

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLHK Satyawan Pudyatmoko dalam keterangannya di Jakarta Jumat mengatakan, bioprospeksi yang berasal dari kata biodiversitas dan prospeksi merupakan upaya untuk menghasilkan produk bernilai ekonomi tinggi.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023