Tahun 2023 semua jembatan di Lampung dalam perbaikan rutin, dan ada juga yang diganti seperti di Way Sekampung
Bandarlampung (ANTARA) - Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Lampung (BPJN) Lampung menyatakan bahwa selama 2023 ada perbaikan sebanyak tujuh jembatan di wilayah itu.
 
"Tahun 2023 semua jembatan di Lampung dalam perbaikan rutin, dan ada juga yang diganti seperti di Way Sekampung," ujar Kepala BPJN Lampung Susan Novelia di Bandarlampung, Sabtu.
 
Ia mengatakan total selama 2023 tersebut total ada tujuh jembatan yang diperbaiki, dimana ada yang berjenis jembatan gantung dan jembatan rangka.
 
"Untuk anggaran perbaikan dan penggantian jembatan yang sudah berusia tua sekitar Rp150 miliar. Untuk penggantian Jembatan Way Sekampung daerah Tegineneng yang dibangun pada 1880 dilakukan bertahap, tetapi untuk pembongkaran dilakukan setelah Idul Fitri agar tidak ada kemacetan, dan karena ada jembatan duplikasinya jadi semua masih lancar dilalui kendaraan," katanya.

Baca juga: Waspada 10 ruas jalan nasional rawan banjir dan longsor di Lampung

Baca juga: Progres pengerjaan Inpres Jalan Daerah di Lampung capai 76,61 persen
 
Ia merinci tujuh jembatan yang dalam perbaikan adalah penggantian jembatan ruas Simpang Penawar-Gedong Aji Baru-Rawajitu Kabupaten Mesuji dengan anggaran Rp48,3 miliar dan progres fisik hingga data terakhir di November 2023 sebesar 60,50 persen.
 
Kemudian pembangunan jembatan gantung Way Cambai Kabupaten Mesuji dengan anggaran Rp5 miliar, pembangunan jembatan gantung Way Cambai di Kabupaten Lampung Timur dengan anggaran Rp5,6 miliar, penggantian jembatan Way Sekampung lama Kabupaten Pesawaran dengan anggaran Rp36,4 miliar.
 
Lalu penuntasan pembangunan jembatan gantung Way Sekampung jelujur Kabupaten Lampung Selatan dengan anggaran Rp1,3 miliar, pembangunan jembatan gantung Sidomulyo Kabupaten Lampung Utara dengan anggaran Rp5,6 miliar, dan pembangunan jembatan Sinar Mulya Kabupaten Lampung Utara dengan anggaran Rp18,7 miliar.
 
"Selain perbaikan jembatan, dilakukan pula pekerjaan rutin lainnya yakni pembersihan, pengecatan dan penutupan lubang jembatan," tambahnya.
 
Diketahui di Provinsi Lampung ada 435 jembatan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat karena melintasi jalan nasional dengan total panjang seluruh jembatan 11.724 meter.

Baca juga: BPJN Lampung sebut pengerjaan ruas jalan rusak terus berjalan

Baca juga: BPJN Lampung sebut pengerjaan 17 ruas jalan rusak mulai dilaksanakan

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023