Hari ini kita cek berbagai perbaikan
Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) mengecek sejumlah infrastruktur di tiga kecamatan daerah itu sebagai bagian dari persiapan penanggulangan banjir saat musim penghujan, Selasa.
 
Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M Anwar mengawali pengecekan pada perbaikan turap saluran penghubung (Phb) Waduk Ria Rio, Kecamatan Pulogadung.

Lalu dilanjutkan pada pengecekan perbaikan pedestrian (jalur pejalan kaki) di Jalan Laut Arafuru serta pembangunan jembatan dan saluran Phb di Jalan Robusta di wilayah Kecamatan Duren Sawit.
 
Anwar juga mengecek perbaikan turap saluran Phb Aneka Elok, Kecamatan Cakung.

"Hari ini kita cek berbagai perbaikan sarana kota dalam mengantisipasi banjir dari musim penghujan," katanya.

Baca juga: DKI Jakarta keruk semua kali antisipasi banjir saat puncak musim hujan

Ia bersyukur karena semua berjalan dengan baik, namun harus adanya percepatan dimulai dari pengerukan perbaikan turap atau dinding saluran agar saat datang hujan tidak ada genangan. 
 
Dia pun menyambut baik perbaikan pedestrian di sepanjang Jalan Laut Arafuru Kelurahan/Kecamatan Duren Sawit karena selain indah, lingkungan itu juga lebih tertata rapi.
 
"Ini menjadi wajah baru yang memberikan kesan estetik," ujarnya.
 
Terkait perbaikan turap saluran Phb Aneka Elok di Kelurahan Penggilingan, yang telah mencapai 75 persen, kata dia, akan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat saat musim penghujan.

"Perbaikan turap sepanjang 200 meter dengan kedalaman 80 sentimeter (cm) dan tinggi dua meter akan dapat dirasakan manfaatnya sebagai pencegahan luapan banjir saat datangnya musim penghujan," kata Anwar.

Baca juga: Jakbar fokus bersihkan BKB untuk antisipasi banjir

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara serentak mengeruk saluran air, sungai dan waduk di lima wilayah kota dan kabupaten administrasi untuk mengantisipasi banjir saat musim hujan ini.

"Dalam menghadapi musim hujan, seluruh lapisan masyarakat Jakarta membangkitkan kembali semangat gotong-royong yang menjadi budaya Indonesia," ujar Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Jalan HM Margono Djojohadikusumo, Jakarta Pusat, Minggu (19/11).

Dalam kegiatan bertema "Bakti Kita Untuk Jakarta" untuk skala kota panjang pengerukan mencapai 25,087 kilometer (km). Yakni di Jakarta Utara 7,2 km, Jakarta Barat (6,3), Jakarta Pusat (3,56), Jakarta Timur (3,21) dan Jakarta Selatan sepanjang 4,8 km.

Untuk tingkat Kabupaten Kepulauan Seribu, kegiatan ini dilakukan di sekitar kantor bupati di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara dan Pantai Pasir Perawan di Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan.
 
Selain itu juga ada kegiatan skala kecamatan yang dilaksanakan di 44 kecamatan di Jakarta. Kegiatan ini meliputi membersihkan saluran penghubung. 

Baca juga: Antisipasi banjir, lurah dan camat diinstruksikan kerja bakti massal
 
Kemudian, untuk skala warga dilaksanakan oleh warga 261 kelurahan di Jakarta. Dalam kegiatan ini, warga diimbau melakukan pengurasan saluran di rumah masing-masing.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023