Lampung Selatan (ANTARA) - Ribuan penumpang pejalan kaki masih terus berdatangan dan memadati area ruang tunggu Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, yang hendak menyeberang menuju Pelabuhan Merak, Banten, pada arus balik H+5 Natal 2023 atau menjelang tahun baru 2024.

Pantauan ANTARA di pelabuhan Bakauheni, Sabtu, sejumlah penumpang pejalan kaki terus berdatangan memadati terminal reguler di pelabuhan tersebut.

Baca juga: Jumlah penumpang pejalan kaki meningkat jelang Tahun Baru 2024

Berdasarkan data 24 jam dari posko Pelabuhan Bakauheni, Lampung, menujukkan jumlah penumpang pejalan kaki sebanyak 2.469 orang, jumlah itu mengalami penurunan dari hari sebelumnya sebanyak 2.253 orang.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Rudi Sunarko mengimbau pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh-jauh hari.

"Kami mengimbau calon pemudik dari Sumatera ke Jawa yang menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," kata Rudi Sunarko.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memberlakukan ketentuan baru pembelian tiket daring kapal feri mulai 11 Desember 2023.

Ketentuan itu berlaku di Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ketapang, dan Pelabuhan Gilimanuk.

Baca juga: Arus balik di Pelabuhan Bakauheni pada H+4 Natal ramai lancar

Baca juga: Pelabuhan Merak H+3 seberangkan 39.190 orang penumpang ke Bakauheni


Ketentuan baru tersebut adalah pemesanan tiket feri dapat dilakukan sampai dengan batas radius maksimal lima kilometer sebelum pelabuhan.

Ketentuan itu ditetapkan dalam Surat Dirjen Hubdat AP.406/1/5/DJPD/2023 perihal Penataan Layanan Pemesanan Tiket Elektronik di Sekitar Pelabuhan.

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023