Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Kepadatan arus kendaraan yang hendak masuk wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dari arah Kabupaten Bogor terjadi pada Sabtu sejak pukul 12.30 WIB hingga pukul 17.30 WIB.

"Antisipasi terjadinya kemacetan panjang kendaraan dari arah Bogor menuju Sukabumi tepatnya di utara Sukabumi mulai dari Kecamatan Cicurug, Parungkuda hingga Cibadak, kami melakukan rekayasa arus lalu lintas seperti mengarahkan sebagian kendaraan ke jalur-jalur alternatif," kata Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede di Sukabumi, Sabtu.

Dari pantauan arus lalu lintas secara langsung di lokasi dan siaran langsung CCTV live streaming Polres Sukabumi di saluran Youtube TIK Polres Sukabumi, antrean kendaraan hingga pukul 17.30 WIB masih terjadi. ​​

Bahkan, volume kendaraan yang masuk ke Sukabumi yang didominasi oleh roda empat atau mobil pribadi terus meningkat pada Sabtu sore yang kemungkinan besar mengarah ke berbagai objek wisata di Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Baca juga: Puluhan ribu kendaraan wisatawan masuk ke objek wisata Sukabumi

Kepadatan arus kendaraan paling parah terjadi di pintu keluar atau exit Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi sehingga terjadi kemacetan panjang. Selain di sekitar exit Tol Parungkuda, kepadatan kendaraan juga terjadi di sekitar Simpang Tiga Cikidang, Simpang Tiga Palabuhanratu, dan Pasar Cibadak di Kecamatan Cibadak. Di tiga lokasi itu arus lalu lintas merayap dari arah Parungkuda.

Sejumlah personel Satlantas Polres Sukabumi bersama petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi yang dibantu personel TNI serta instansi lainnya terlihat mengatur arus lalu lintas serta mengarahkan sebagian kendaraan untuk melalui Jalur Alternatif Nagrak, Kecamatan Nagrak .

Kemudian kendaraan di wilayah Kecamatan Cicurug sebagian dialihkan ke Jalur Laternatif Tenjoayu dan keluar di Jalur Alternatif Cipanggulan, Kecamatan Parungkuda. Kemudian di Pasar Cibadak, polisi mengarahkan sebagian kendaraan masuk Jalur Alternatif Simpang Karangtengah dan keluar di Simpang Nagrak.

Baca juga: Rekayasa lalu lintas Jalur Puncak berlaku hingga libur Tahun Baru 2024

Sedangkan kendaraan yang hendak mengarah ke Palabuhanratu diarahkan melalui jalur Warungkiara dan Jalur Alternatif Cikidang. Kendaraan yang melalui Jalur Alternatif Cikidang menuju Palabuhanratu hanya kendaraan kecil dan benar-benar kondisinya prima.

Maruly mengimbau wisatawan atau pengendara dari luar daerah yang ingin masuk ke Kabupaten Sukabumi bisa memanfaatkan live streaming yang diunggah TIK Polres Sukabumi di Youtube sebagai referensi kondisi arus lalu lintas secara langsung.

Di sisi lain, pengendara yang kondisinya sudah lelah atau tidak fit agar beristirahat dan jangan memaksakan mengendarai, apalagi dengan tujuan objek wisata pantai selatan Kabupaten Sukabumi yang cukup banyak titik rawan kecelakaan lalu lintas.

Baca juga: Polres Bogor: Jalur Puncak tanpa kendaraan saat malam Tahun Baru 2024

Sementara untuk arus lalu lintas dari arah Sukabumi menuju Bogor di jalur utama Sukabumi-Bogor, hingga pukul 17.30 WIB masih terpantau ramai lancar dan tidak terjadi kepadatan kendaraan apalagi sampai macet panjang.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023