Saya beberapa hari lalu melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke berbagai tempat mengenai persiapan mudik. Saya menilai, pemerintah belum maksimal melakukan perbaikan sarana dan prasana infrastruktur untuk mudik,"
Jakarta (ANTARA News) - Menghadapi persiapan mudik, pemerintah dinilai belum maksimal melaksanakan perbaikan infrastruktur seperti jalan.

"Saya beberapa hari lalu melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke berbagai tempat mengenai persiapan mudik. Saya menilai, pemerintah belum maksimal melakukan perbaikan sarana dan prasana infrastruktur untuk mudik," kata Ketua Komisi V DPR RI, Laurent Bahang Dama di Jakarta, Selasa.

Pemerintah, kata dia, seharusnya sudah melakukan pekerjaan perbaikan jalan jauh hari sebelum Idul Fitri.

"Sudah tahu hari raya Idul Fitri  Agustus, mestinya, Januari 2013 sudah dilakukan perbaikan sebab anggaran untuk perbaikan jalan itu sudah ada September 2012. Tapi lagi-lagi, perbaikan dilakukan menjelang Idul Fitri," kata Laurent.

Disamping itu, politisi PAN itu juga mengkritik pemerintah soal kesiapan mudik tahun ini.

"Secara umum ada perubahan persiapan mudik. Tapi belum signifikan, pemerintah perlu melakukan sinergi antar Kementerian Pekerjaan Umum, Kepolisian, Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Daerah sehingga padu dan pelayanan kepada masyarakat bisa ditingkatkan. Jangan sampai begitu-begitu saja dari tahun ke tahun," ungkap Laurent.(*)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013