Jakarta (ANTARA) - Berita tentang Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang mengumumkan rencana penutupan jalan layang di Kota Bandung pada malam pergantian tahun menjadi salah satu berita terpopuler dalam kanal humaniora Antaranews.com sepanjang 25 hingga 30 Desember 2023.
 
Kebijakan menutup jalan layang itu lantaran banyak material dilemparkan pengendara dari atas jalan layang tersebut.
 
Selain itu, laporan cuaca selama sepekan yang disampaikan oleh BMKG terkait kondisi cuaca laut di wilayah selatan Indonesia yang kondusif untuk penyeberangan juga menarik untuk dibaca ulang.
 
Berikut berita terpopuler selengkapnya:

Jalan layang di Bandung ditutup pada tahun baru
 
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengungkapkan pihaknya telah merencanakan jalan layang di Jawa Barat khususnya di Bandung akan ditutup sepanjang malam pergantian tahun 2023 ke 2024.
 
Hal tersebut dilakukan karena ketika larut dalam kegembiraan malam pergantian tahun ada potensi masyarakat lupa diri dan membuang material dari atas jalan layang, sehingga berpotensi membahayakan pengendara atau orang lain di bawah.
 
Baca selengkapnya di sini.

BMKG: Bencana banjir dan longsor di Jabar akibat hujan lebat
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan bencana hidrometeorologi berupa banjir dan longsor terjadi di beberapa lokasi di wilayah Jawa Barat pada 25 Desember 2023 dipicu oleh hujan intensitas lebat hingga ekstrem dalam satuan per jam.
 
Curah hujan terukur hingga 28,8 milimeter per jam pada periode pukul 15.40 - 16.40 WIB di Stasiun Geofisika Bandung, curah hujan 70 milimeter per jam pada pukul 15.30 - 16.30 di Cimahi, dan terukur 56,8 milimeter per jam pada pukul 14.00 - 15.00 di Purwakarta.
 
Baca selengkapnya di sini:

Sebanyak 10.992 orang lolos seleksi tahap pertama calon petugas haji
 
Kementerian Agama melaporkan sebanyak 10.992 calon petugas haji dinyatakan lolos seleksi tahap pertama atau dinyatakan lolos verifikasi berkas yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenag provinsi dan kabupaten/kota pada 23 Desember 2023.
 
Baca selengkapnya di sini.

Marapi Sumbar erupsi lagi diiringi bunyi dentuman keras
 
Gunung Marapi Sumatera Barat kembali mengalami erupsi diiringi suara dentuman keras yang jelas didengar warga di daerah Kabupaten Agam hingga Kota Bukittinggi pada pukul 06.03 WIB Sabtu.
 
Dentuman keras terdengar sekali seperti bunyi bom dan membangunkan anak-anak yang masih terlelap. Meski ada suara dentuman, namun erupsi itu tidak menimbulkan gempa yang mengguncang pemukiman.
 
Baca selengkapnya di sini:

BMKG: Cuaca di Indonesia bagian selatan kondusif untuk penyeberangan
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyampaikan bahwa cuaca di wilayah Indonesia bagian selatan khatulistiwa relatif kondusif untuk penyeberangan hingga akhir tahun 2023.
 
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan tidak ada gangguan tropis lainnya, sehingga cuaca di Laut Jawa, Selat Bali, dan Nusa Tenggara cukup kondusif.
 
Baca selengkapnya di sini:

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2023