Meski pergantian tahun jatuh pada hari libur, pasukan oranye DLH tetap bekerja seperti biasa
Tangerang (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang menerjunkan 1.682 petugas untuk mengantisipasi tumpukan sampah saat malam pergantian tahun baru, seperti di Taman Tematik hingga alun-alun.

Kepala DLH Kota Tangerang Tihar Sopian di Tangerang, Minggu, mengatakan seluruh petugas akan disebar pada 13 wilayah kecamatan yang dilengkapi dengan armada pengangkut sampah.

"Selama libur Natal dan Tahun Baru tetap dilakukan secara optimal, bahkan ditingkatkan agar tak ada tumpukan sampah. Meski pergantian tahun jatuh pada hari libur, pasukan oranye DLH tetap bekerja seperti biasa," ujarnya.

DLH Kota Tangerang, lanjutnya, juga menurunkan tim khusus di wilayah-wilayah yang berpotensi sebagai titik kumpul masyarakat merayakan pergantian tahun.

Tim khusus ini terdiri dari 230 personel terdiri dari 200 penyapu dan 30 pengawas, serta ditambahnya 50 armada pengangkut, 12 saber, tiga byson dan 100 bentor.

Baca juga: DLH Kota Tangerang olah 2 juta kg lebih sampah melalui inovatif

Ia mengatakan tim khusus tersebut akan diturunkan di titik-titik tertentu seperti Taman Elektrik atau Kawasan Puspem Kota Tangerang, Alun-Alun Ahmad Yani, Alun - Alun Cibodas, Alun - Alun Periuk, dan Pinang.

"Tak ketinggalan pasti wisata kuliner, seperti Pasar Lama dan beberapa wilayah lainnya juga akan ditempatkan petugas kebersihan,” ujarnya.

Ini mengatakan upaya ini dilakukan demi menjaga kebersihan dan kenyamanan Kota Tangerang. Karena seluruh petugas ditugaskan untuk memastikan libur panjang akhir tahun di Kota Tangerang dapat berjalan dengan nyaman tanpa sampah.

Lalu ia mengimbau agar masyarakat Kota Tangerang atau wisatawan untuk turut menjaga kebersihan lingkungan dimana pun berada.

“Menjaga kebersihan khusus sampah merupakan tugas kita semua, bukan sekadar para petugas saja. Jika Kota Tangerang kita jaga bersama-sama, dipastikan semuanya akan lebih ringan, indah, dan nyaman, untuk kita semua,” kata Tihar Sopian.

Baca juga: DLH luncurkan 55 bentor angkut sampah jangkau pemukiman
Baca juga: DLH Kota Tangerang luncurkan armada sampah terpilah

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023