Jakarta (ANTARA) - Hanya beberapa hari setelah memperkenalkan aplikasi Copilot di Android, kini Microsoft telah meluncurkan aplikasi untuk chatbot AI di iOS dan iPadOS.

Para pengguna ekosistem Apple telah dapat mengunduh kedua versi aplikasi tersebut yang telah tersedia di Apple App Store. Aplikasi ini memberikan pengguna akses ke Microsoft Copilot (sebelumnya Bing Chat) dan bekerja mirip dengan aplikasi seluler ChatGPT milik OpenAI.

Baca juga: Microsoft Copilot dijadwalkan meluncur 26 Septenber 2023

Selain memungkinkan pengguna mengajukan pertanyaan, membuat draf email, dan meringkas teks, aplikasi kecerdasan buatan itu juga bisa membuat gambar melalui integrasi dengan generator teks-ke-gambar DALL-E3, sebagaimana dilaporkan laman The Verge, Sabtu (30/12).

Fitur ini, dapat membuat suatu gambar hasil dari deskripsi perintah yang dibuat oleh pengguna, layaknya aplikasi image generator AI lainnya, menciptakan gambar sesuai keinginan atau imaginasi pengguna.

Baca juga: NTT DATA luncurkan solusi untuk Copilot di Microsoft 365

Tidak seperti versi gratis ChatGPT yang menjalankan GPT-3.5, Copilot memungkinkan pengguna mengakses GPT-4, model bahasa besar (LLM) terbaru dari OpenAI, tanpa harus membayar langganan.

Dengan perubahan nama Bing Chat menjadi Copilot oleh Microsoft, perusahaan ini bergerak untuk menawarkan pengalaman mandiri yang mirip dengan ChatGPT. Bersamaan dengan peluncuran aplikasi di perangkat Android dan Apple, Microsoft juga menciptakan pengalaman web untuk Copilot yang terpisah dari Bing.

Baca juga: Microsoft Copilot tersedia sebagai aplikasi mirip ChatGPT di Android

Penerjemah: Pamela Sakina
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023