Jakarta (ANTARA) - Microsoft secara diam-diam meluncurkan aplikasi Copilot yang khusus untuk Android, dapat diunduh melalui Google Play Store, memberikan akses ke Copilot yang berbasis kecerdasan buatan Microsoft tanpa perlu menggunakan aplikasi seluler Bing.

Ditemukan oleh Neowin, Copilot di Android telah tersedia selama hampir seminggu, namun versi iOS belum tersedia.

Aplikasi Copilot Microsoft di Android sangat mirip dengan ChatGPT, dengan akses ke kemampuan chatbot, generasi gambar melalui DALL-E 3, dan kemampuan untuk menyusun teks untuk email dan dokumen.

Baca juga: Microsoft Copilot dijadwalkan meluncur 26 Septenber 2023

Ini juga mencakup akses gratis ke model terbaru GPT-4 milik OpenAI, sesuatu yang harus dibayar jika menggunakan ChatGPT.

Peluncuran aplikasi Copilot untuk Android datang lebih dari sebulan setelah Microsoft mengubah nama Bing Chat menjadi Copilot.

Baca juga: Sederet aplikasi ini bantu tingkatkan efisiensi pekerjaan kolaborasi

Microsoft awalnya meluncurkan inisiatif kecerdasan buatannya lebih awal tahun ini di dalam mesin pencari Bing, mengintegrasikan antarmuka mirip ChatGPT ke dalam hasil pencarian.

Meskipun itu masih tersedia, Microsoft telah meninggalkan merek Bing Chat dan memungkinkan Copilot menjadi pengalaman mandiri yang juga ada di domain khususnya di copilot.microsoft.com, mirip dengan ChatGPT. Demikian seperti dikutip dari The Verge, Selasa (26/12).

Baca juga: Microsoft rilis toko aplikasi web baru untuk Windows

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023