Jakarta (ANTARA) - Microsoft ingin tahun 2024 menjadi "tahun AI PC”, di mana perangkat elektronik disematkan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), dan mereka memulai dengan perubahan signifikan pada keyboard di laptop dan PC baru.

Laman The Verge, Kamis, melaporkan, tombol Copilot baru akan dikirimkan kepada berbagai PC dan laptop baru dari mitra Microsoft, memberikan akses cepat ke pengalaman Windows Copilot bertenaga AI Microsoft, langsung dari penekanan tombol keyboard.

Tombol Copilot adalah perubahan besar pertama pada tata letak keyboard PC Windows dalam hampir tiga dekade.

"Hampir 30 tahun yang lalu, kami memperkenalkan tombol Windows pada keyboard PC yang memungkinkan orang di seluruh dunia untuk berinteraksi dengan Windows. Kami melihat ini sebagai momen transformatif lainnya dalam perjalanan kami dengan Windows di mana Copilot akan menjadi pintu masuk ke dunia AI di PC,” kata Wakil Presiden Eksekutif sekaligus Kepala Pemasaran Konsumen Microsoft Yusuf Mehdi.

Baca juga: Microsoft Copilot dijadwalkan meluncur 26 Septenber 2023

Tombol Copilot baru ini akan menggantikan tombol menu (tombol aplikasi) yang diperkenalkan bersamaan dengan tombol Windows beberapa dekade yang lalu.

Tombol ini akan ditempatkan di sebelah tombol alt sebelah kanan pada sebagian besar keyboard, dengan penempatan yang bervariasi menurut OEM dan di berbagai pasar, di tempat yang sama di mana Microsoft menambahkan tombol Office khusus untuk keyboardnya sendiri pada tahun 2019.

Tombol Copilot hanya akan tersedia pada Windows Copilot yang tersedia mulai dalam Windows 11.

Copilot merupakan teknologi AI terbaru Microsoft yang menawarkan chatbot seperti ChatGPT yang dapat menjawab pertanyaan atau bahkan mengambil tindakan di dalam Windows.

Baca juga: Aplikasi AI Microsoft "Copilot" kini tersedia di iOS

Jika Windows Copilot belum tersedia di beberapa negara, tombol Copilot akan meluncurkan Windows Search sebagai gantinya. Sementara tombol Windows yang ada dapat membuka menu Start atau dikombinasikan dengan berbagai tombol lain untuk pintasan ke fitur dan fungsi Windows.

Belum ada informasi lebih lanjut apakah Microsoft berencana untuk mengizinkan pengguna menggunakan tombol Copilot yang dikombinasikan dengan tombol lain di masa mendatang.

Microsoft tidak membahas OEM mana yang akan menambahkan tombol Copilot, dan membiarkan pengumumannya pada pagelaran elektronik terbesar dunia Consumer Electronics Show (CES) 2024 yang digelar di Amerika Serikat mulai 9 Januari.

“Pengguna akan mulai melihat tombol Copilot diluncurkan pada PC Windows 11 baru dari mitra ekosistem kami, dengan ketersediaan mulai akhir bulan ini hingga musim semi, termasuk pada perangkat Surface yang akan datang,” ujar Mehdi.

Microsoft dikabarkan akan meluncurkan model Surface Pro 10 dan Surface Laptop 6 baru pada musim semi, dan tombol Copilot khusus pada perangkat Surface merupakan rumor yang kini telah dikonfirmasi.

Baca juga: Microsoft Copilot tersedia sebagai aplikasi mirip ChatGPT di Android

Penerjemah: Pamela Sakina
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024