Agenda peresmian jembatan tersebut dijadwalkan awal tahun 2024....
Pekanbaru (ANTARA) - Setelah mangkrak tahun 2018, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mempercepat penyelesaian pembangunan Jembatan Surau Munai di Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dengan biaya bersumber Bantuan Keuangan Pemprov Riau tahun 2023 sebesar Rp15,84 miliar lebih .

"Dengan demikian agenda peresmian jembatan tersebut dijadwalkan awal tahun 2024, semoga jembatan tersebut segera bisa berfungsi," kata Gubernur Riau Edy Natar Nasution dalam keterangannya di Pekanbaru, Minggu.

Menurut dia, bantuan keuangan Provinsi Riau untuk Jembatan Surau Munai tersebut merupakan bagian dari lima jembatan yang sebelumnya mangkrak karena kendala tertentu.

Kemudian tahun 2023, katanya menyebutkan, melalui Bankeu Provinsi Riau tahun 2023 berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Riau Nomor Kpts.1/2023, tanggal 2 Januari 2023, Pemprov Riau melanjutkan pembangunan Jembatan Surau Munai dan Jembatan SP III di Muara Jaya.

"Keberadaan jembatan penting karena akan mempercepat dan memperlancar mobilitas masyarakat, serta arus barang dan jasa dari dan menuju ke kecamatan, karena selama ini aktivitas masyarakat tidak efektif atau justru harus melewati jalan yang harus memutar dengan menempuh jarak sejauh 60 km," katanya.

Karena itu, pihaknya mengajak semua masyarakat Riau dan Rohul untuk berdoa semoga pembangunan jembatan ini dapat cepat selesai dan segera bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Jembatan Surau Munai memiliki panjang 90 meter dan lebar 7 meter, dengan pekerjaan konstruksi jembatan struktur bawah yakni fondasi tiang pancang, abutmen 1 dan 2, pilar serta oprit.

"Percepatan pembangunan fasilitas umum ini tinggal pekerjaan struktur atas, berupa pekerjaan lantai dan rangka baja serta pekerjaan perkerasan aspal," demikian Gubernur Riau Edy Natar. 
Baca juga: Jembatan Sei Besi Bagan Siapiapi senilai Rp5,344 miliar sudah rampung
Baca juga: PUPR-PKPP Riau mempercepat selesaikan pembangunan 11 jembatan 

Pewarta: Frislidia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023