Jakarta (ANTARA) - Sejumlah warga memenuhi kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat menjelang perayaan Tahun Baru 2024 sejak pukul 18.00 WIB usai deras hujan mereda.

Adapun arus lalu lintas kini terbilang padat merayap dengan sejumlah kendaraan mengalami kemacetan di kawasan ini.

Halte Bundaran HI Astra juga tampak dipenuhi pelanggan yang tak mau kalah untuk memeriahkan pesta perayaan tahun baru di Ibu Kota.

Meski acara perayaan tahun baru Malam Muda-Mudi dimulai pukul 20.00 WIB namun kawasan yang menjadi panggung utama ini sudah didatangi warga dengan memilih duduk maupun berjalan di sekitar.

Selain warga, juga ada sejumlah pedagang makanan kecil yang berkeliling menjajakan makanan.

Kemudian, panggung hiburan juga sudah disiapkan dengan sejumlah panitia tengah mengecek pengeras suara sebagai persiapan dan terpakirnya mobil ambulans di kawasan.

Sejumlah petugas keamanan seperti Satpol PP berjaga disekeliling posko yang berada dekat dengan Hotel Indonesia Kempinski dan penjagaan ketat juga dilakukan di lingkungan Pos Polisi Thamrin City.

Kini, jalanan di kawasan Bundaran HI sudah mulai lengang dari kendaraan bermotor dan lampu jalanan sudah dimatikan untuk menyambut pergantian tahun.

Armada Transjakarta tetap beroperasi 24 jam selama malam Tahun Baru untuk memastikan pelanggan sampai tujuan dengan aman dan nyaman.

Perayaan Malam Tahun Baru Malam Muda-Mudi yang diselenggarakan di sepanjang jalan MH. Thamrin hingga Sudirman dengan menghadirkan panggung hiburan dihiasi sejumlah artis ternama.

Kemudian, nantinya juga akan menampilkan beragam kegiatan menarik mulai dari penampilan pesawat nirawak (drone show), air mancur (watermist show), video mapping hingga mobil hias.

Direktorat Lalu Lintas Polda memberlakukan rekayasa lalu lintas di DKI Jakarta pada malam bebas kendaraan (car free night) di malam Tahun Baru 2024 pada Minggu (31/12).

Disebutkan rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan mulai pukul 18.00-01.00 WIB secara bertahap. Salah satunya arus lalu lintas dari Tanah Abang menuju ke Bundaran HI ditutup.

Tersedia 24 titik kantong parkir acara malam tahun baru, jika mendatangi Bundaran HI maka disarankan lokasi parkir terdekat yakni Plaza Indonesia, Hotel Grand Indonesia, hingga Wisma Nusantara dengan parkir di luar badan jalan (off street parking).

Baca juga: Di hari terakhir 2023, kualitas udara DKI memburuk

Baca juga: "Malam Muda Mudi" diharapkan mampu pulihkan ekonomi warga Jakarta

Baca juga: MRT Jakarta beroperasi hingga pukul 02.00 WIB saat malam tahun baru

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023