"Dalam rangka pelepasan Tahun 2023 dan penyambutan Tahun Baru 2024, saya mengimbau agar warga dapat memperingatinya dengan sederhana bahkan melaksanakan doa bersama di rumah ibadah masing-masing. Bagi umat Islam agar menggelar zikir bersama di masjid
Gorontalo (ANTARA) - Penjabat Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo Sila Nurainsyah Botutihe mengimbau warga di daerah itu untuk menggelar doa bersama pada malam pergantian tahun.

"Dalam rangka pelepasan Tahun 2023 dan penyambutan Tahun Baru 2024, saya mengimbau agar warga dapat memperingatinya dengan sederhana bahkan melaksanakan doa bersama di rumah ibadah masing-masing. Bagi umat Islam agar menggelar zikir bersama di masjid dan umat Kristen menggelar doa bersama di gereja," kata Sila di Gorontalo, Minggu.

Ia pun menerbitkan surat imbauan bersifat biasa kepada para Camat di 11 wilayah kecamatan untuk dapat meneruskan imbauan pelaksanaan doa bersama di malam pergantian tahun.

"Doa dapat digelar di rumah ibadah di pusat kecamatan maupun di desa. Seperti bagi umat Islam dapat menggelar zikir di Masjid besar kecamatan maupun di desa-desa," katanya.

Ia berharap tidak ada perayaan malam pergantian tahun yang terlampau meriah atau berlebih-lebihan sehingga berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Perayaan malam pergantian tahun diharapkan berlangsung sederhana dengan menggelar doa bersama keluarga maupun masyarakat di lingkungan sekitar tempat tinggal.

Masyarakat pun diimbau untuk tetap menjaga solidaritas, toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

Pemerintah daerah berharap kata Sila, masyarakat saling menjaga dengan tidak membunyikan petasan dengan daya ledak tinggi. Tidak mengkonsumsi minuman keras, serta diharapkan mampu menjaga kerukunan, keamanan dan ketertiban dengan melakukan hal-hal positif.

"Saya yakin dan percaya dengan kebersamaan yang tinggi serta sikap saling menghormati, kerukunan dan kedamaian di daerah satu-satunya yang ada di wilayah Utara Provinsi Gorontalo ini, dapat terjaga dengan baik," imbuhnya.

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023