Jakarta (ANTARA) -
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto menyampaikan jumlah sampah yang terkumpul selama malam perayaan Tahun Baru 2024 di seluruh wilayah Jakarta mencapai 130 ton.
 
"Tadi malam, sampah mencapai 130 ton dari seluruh Jakarta dan khusus dari sepanjang jalan Sudirman-Thamrin terkumpul 32 ton sampah,” ujar Asep saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.
 
Pascapandemi COVID-19, kata dia melanjutkan, jumlah tersebut merupakan jumlah sampah terbesar di malam perayaan tahun baru. Sebelumnya, pada malam pergantian tahun 2021 menuju 2022, jumlah sampah yang terkumpul adalah sebanyak 74 ton.

Sementara itu, pada malam pergantian tahun 2019 menuju 2020, jumlah sampah yang terkumpul tercatat mencapai 125 ton.
 
Untuk mengatasi persoalan sampah tersebut, DLH DKI Jakarta lantas menerjunkan sebanyak 3.180 petugas kebersihan.
 
"Kami menerjunkan 3.180 petugas untuk menjaga kebersihan di lokasi-lokasi perayaan tahun baru di Jakarta. Petugas kebersihan dibagi menjadi 4 shift tanpa henti," kata Asep.
 
DLH DKI pun menargetkan sampah-sampah tersebut harus selesai ditangani pukul 04.00 WIB tadi.
 
Berikutnya, Asep mengapresiasi kerja keras seluruh petugas kebersihan dan petugas lainnya yang telah berhasil membersihkan sampah-sampah di titik keramaian perayaan tahun baru di Jakarta itu.
 
"Kami juga ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dengan DLH. PPSU, para petugas Satpol PP, Dishub (Dinas Perhubungan), Distamhut (Dinas Taman dan Hutan Kota). Semua bahu-membahu untuk membuat Jakarta kinclong lagi,” ujar dia.
 
Asep menambahkan bahwa sampah-sampah tersebut akan diangkut untuk diolah di tempat penampungan sampah (TPS) "reduce, reuse, recycle" atau (3R), yakni mengurangi, memanfaatkan kembali, dan mendaur ulang.

Baca juga: Merangkai harapan di malam tahun baru Jakarta

Baca juga: Total 500 ribu warga kunjungi Monas saat perayaan Tahun Baru 2024

Baca juga: Warga antusias saksikan pentas tanjidor dan ondel-ondel di Monas


 

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024