Karawang (ANTARA) - Petugas melakukan rekayasa lalu lintas contraflow di jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta menyusul padatnya arus balik pada masa libur Tahun Baru 2024, Senin sore.

Ria Marlinda Paallo, VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol, dalam keterangannya di Cikampek, Karawang, Jabar, mengatakan bahwa contraflow diberlakukan mulai Km 70 sampai Km 36 arah Jakarta di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Senin sore.

Contraflow dilakukan atas diskresi pihak kepolisian yang bertujuan untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas.

Pada Senin ini, petugas juga sempat menerapkan contraflow dari Km 55 sampai Km 47 arah Jakarta ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 15.40 WIB. Dilanjutkan dengan perpanjangan contraflow Km 47 sampai Km 36 untuk satu lajur pada pukul 16.01 WIB.

Baca juga: Contraflow di jalan Tol Japek dihentikan setelah lalu lintas lancar

Baca juga: One way Tol Cipali ditunda dan petugas terapkan contraflow Tol Japek


Kemudian contraflow juga diterapkan dari Km 70 sampai Km 47 untuk dua lajur arah Jakarta ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 16.20 WIB.

Sementara itu, sesuai dengan catatan PT Jasa Marga, pada H-1 libur Tahun Baru 2024 atau Minggu (31/12), tercatat sebanyak 37.563 kendaraan kembali ke Jakarta.

Total volume kendaraan yang kembali ke wilayah Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama ini turun 5,43 persen jika dibandingkan lalu lintas (lalin) normal sebanyak 39.718 kendaraan.

PT Jasamarga Transjawa Tol mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan serta memastikan kendaraan dalam keadaan prima.

Perhatikan pula saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kepadatan di restarea.

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024