Cirebon (ANTARA News) - Warga Muhamadiyah di daerah Pantura Cirebon, Jawa Barat, bersiap mengumandangkan takbir untuk menyambut hari raya Idul Fitri 1434 Hijriyah 8/8/2013.

"Warga Muhamadiyah di Pantura Cirebon, Jawa Barat, siap mengumandangkan takbir sambut Idul Fitri 1434 Hijriyah, sesuai keputusan dari kantor pusat untuk melaksanakan sholat Ied hari Kamis (8/8/2013)," kata Anwar Subhan salah seorang Imam Masjid An-nur di Cirebon, Rabu.

Ia mengatakan, perbedaan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dan sholat Ied, wajar dalam ajaran Islam selama menjalankan sunah Nabi Muhamad dan kita jadikan keberkahan bersama jangan menjadi hal pemicu pertengkaran umat.

Alasan Warga Muhamadiyah menjalankan ibadah puasa lebih awal, kata dia, berdasarkan ketetapan pengurus Muhamadiyah pusat yang telah dikaji bersama, kini mereka bersiap mengumandangkan takbir.

Sementara itu Agus warga Muhamadiyah Indramayu menuturkan, diperkirakan warga Muhamadiyah di Pantura Indramayu akan melaksanakan sholat Ied hari Kamis (8/8/2013), sesuai anjuran dan ketetapan pengurus pusat kini mereka mempersiapkan takbir.

"Harapannya pelaksanaan sholat Ied warga Muhamadiyah di Indramayu berjala n aman dan damai, sehingga umat lebih khusu ibadahnya,"katanya.

Atin, warga Cirebon mengaku, harapannya Kamis bisa melaksakan sholat Ied bareng bersama warga Muhamadiyah, karena lebaran Idul Fitri serentak lebih nyaman dan menunjukkan kebersamaan sesama muslim, meski perbedaan bukan penghalang untuk saling menghormati.

Pewarta: Enjang Solihin
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013