Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Polres Sukabumi mencatat belasan ribu wisatawan yang datang dari berbagai daerah merayakan pergantian tahun atau Tahun Baru 2024 di objek wisata pantai selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Dari hasil pendataan yang kami lakukan terhitung dari pukul 08.00 WIB hingga 24.00 WIB pada Minggu, (31/12/2023) jumlah wisatawan yang masuk ke berbagai objek wisata pantai Kabupaten Sukabumi sebanyak 16.748 jiwa," kata Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede di Sukabumi pada Senin, (1/1).

Menurut Maruly, belasan ribu wisatawan itu tersebar mulai dari Pantai Minajaya di Kecamatan Surade, Pantai Ujunggenteng di Kecamatan Ciracap, Pantai Geopark Palangpang di Kecamatan Ciemas kemudian di beberapa titik pantai di Kecamatan Palabuhanratu hingga Kecamtan Cisolok.

Dilihat dari plat nomor polisi yang digunakan wisatawan, mereka berasal dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur dan beberapa daerah lainnya di Jabar.

Dari hasil evaluasi pengamanan saat perayaan pergantian tahun, tidak terjadi kejadian menonjol di wilayah hukum Polres Sukabumi, kemudian tidak terjadi kecelakaan laut yang menyebabkan korban meninggal dunia atau dengan kata lain lancar, aman dan kondusif.

Sementara, Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengapresiasi petugas keamanan gabungan baik dari unsur TNI, Polri, Pemkab Sukabumi yang dibantu oleh instansi, lembaga serta komunitas seperti Basarnas, Palang Merah Indonesia (PMI), Forum Komunikasi SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi, Balawista dan lainnya yang dinilai berhasil memberikan pelayanan dan pengamanan.

Dengan demikian, pihaknya mengklaim sepanjang kegiatan perayaan Tahun Baru 2024, bahkan terhitung dari libur serta cuti bersama Natal 203 berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

Ia pun mewakili Pemkab Sukabumi mengucapkan terima kasih kepada seluruh yang terlibat pada Operasi Lilin Lodaya 2023 sehingga sepanjang pelaksanaannya wilayah Kabupaten Sukabumi kondusif.

Baca juga: Ribuan kendaraan masuk ke kawasan objek wisata Pantai Palabuhanratu

Baca juga: Objek wisata Pantai Citepus Sukabumi dipadati wisatawan

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024