Kami mengucapkan terima kasih kepada BPH Migas atas apresiasi yang diberikan. PGN dan BPH Migas adalah mitra kerja yang berjalan bersama dalam mendukung realisasi penyaluran gas bumi di Indonesia...
Jakarta (ANTARA) - PT PGN Tbk meraih penghargaan sebagai Badan Usaha Niaga Terbaik di Indonesia dalam ajang BPH Migas Awards 2023.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada BPH Migas atas apresiasi yang diberikan. PGN dan BPH Migas adalah mitra kerja yang berjalan bersama dalam mendukung realisasi penyaluran gas bumi di Indonesia. Semoga kerja sama ini dapat terus berkesinambungan dan semakin baik lagi ke depannya dalam rangka mewujudkan komersialisasi dan infrastruktur gas bumi nasional yang andal," ujar Direktur Infrastruktur dan Teknologi Harry Budi Sidharta dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Penghargaan tersebut diberikan karena berdasarkan kriteria penilaian yang ditetapkan oleh BPH Migas dengan parameter seperti ketepatan waktu dalam hal pembayaran dan pelaporan usaha, kepatuhan izin usaha, besaran iuran dan kerjasama yang baik dalam melaksanakan peran sebagai pelaku usaha terhadap regulator.

Hal itu menunjukkan komitmen PGN dalam melaksanakan komersialisasi usahanya tetap mengikuti aturan tata kelola yang berlaku dan bersikap kooperatif dengan stakeholder-nya.

BPH Migas juga memberikan apresiasi kepada PGN sebagai Badan Usaha Pendukung Jargas RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional).

Menurut Harry, sebagaimana telah ditetapkan pemerintah bahwa pembangunan jargas atau jaringan gas kota merupakan bagian rencana strategis nasional dalam mendorong pemanfaatan gas bumi di Indonesia khususnya sektor rumah tangga.

"Hal ini bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam meringankan beban subsidi di APBN," katanya.

Hingga saat ini, PGN telah mengelola 834.165 sambungan rumah (SR), yang tersebar di 73 kota/kabupaten.

Sumber pendanaan pembangunan jargas terdiri atas dana APBN dan internal PGN.

Pada 2024, PGN tetap konsisten dengan komitmennya untuk melaksanakan penugasan yang diberikan pemerintah dalam membangun jargas menuju target 2,5 juta SR.

Baca juga: PGN raih sembilan penghargaan pada ajang Proper 2023

Baca juga: PGN tanda tangani kontrak gas bumi 410 BBTUD dari Blok Corridor


Dalam kesempatan yang sama, PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Transportasi Gas Indonesia (Transgasindo) sebagai anak usaha dari PGN juga menerima penghargaan dalam kategori Badan Usaha Pengangkutan Gas Bumi melalui Pipa Terbaik dengan peringkat masing-masing menempati posisi pertama dan kedua.

Atas pencapaian itu, lanjut Harry, maka PGN sebagai Subholding Gas Pertamina berharap akan terus diberikan kepercayaan oleh para stakeholder-nya dalam melaksanakan peran sebagai penyedia utama gas bumi nasional di masyarakat.

Kemudian, juga bentuk kerja sama yang saling bermanfaat dan mendukung dapat terwujud lebih luas lagi, sehingga PGN bisa berperan aktif mendukung peningkatan daya saing industri dan pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan.

Baca juga: PGN gandeng Surge sukseskan program jargas 2,5 juta rumah tangga

Baca juga: PGN dan Pertamina Patra Niaga kerja sama sinergi pemasaran produk

 

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024