Jakarta (ANTARA) - Unggulan teratas Coco Gauff mengakui ada hal yang perlu diperbaiki saat dia berhasil mengatasi kegoyahan di pertengahan pertandingan untuk memenangi pertandingan pertamanya musim ini di Auckland, Selasa.

Juara US Open Gauff mengalahkan rekan senegaranya dari Amerika Claire Liu dengan straight set 6-4, 6-2 di babak pertama Auckland Classic.

Sementara itu, unggulan kedua Elina Svitolina juga harus berjuang keras sebelum mengalahkan Caroline Wozniacki 6-4, 6-3.

Sebagaimana dilaporkan AFP, petenis peringkat tiga dunia Gauff unggul 4-0 atas Liu, yang berada 92 peringkat lebih rendah, sebelum permainannya berubah-ubah.

Dia melakukan kesalahan ganda dua kali, sehingga selisihnya menyempit 5-4 ketika Liu kembali mematahkan servisnya.

Baca juga: Gauff merasa tekanan berkurang pada 2024 setelah menangi US Open

Namun, petenis berusia 19 tahun itu memulihkan ketenangannya untuk merebut set pertama ketika forehand Liu gagal.

Gauff mematahkan servis Liu dua kali lagi dari kedudukan 3-2 pada set kedua untuk maju ke babak kedua bertemu dengan petenis Ceko berusia 16 tahun Brenda Fruhvirtova.

Gauff mengaku puas dengan penampilannya saat ia mulai mempersiapkan diri untuk Australian Open, yang dimulai pada 14 Januari, meski melakukan empat kesalahan ganda.

"Saya benar-benar perlu diuji dan saya merasa saya bermain bagus hari ini untuk pertandingan pertama saya setelah sekian lama," kata Gauff, yang berusaha mempertahankan gelar Auckland yang dia menangi 12 bulan lalu.

"Tentu saja ada hal-hal yang dapat saya lakukan untuk meningkatkan diri, namun saya senang dengan kemenangan ini."

Svitolina dan Wozniacki, yang keduanya kembali ke tur tahun lalu setelah cuti hamil, bertarung selama satu jam 45 menit sebelum Svitolina menang.

Mantan peringkat tiga dunia Svitolina memenangi dua gim pembuka sebelum Wozniacki bangkit untuk memimpin 4-3.

Namun, break lainnya memungkinkan petenis Ukraina itu merebut set pertama 6-4.

Svitolina membangun keunggulan 4-1 pada set kedua tetapi Wozniacki menolak untuk menyerah dan memenangi dua gim berikutnya sebelum petenis Ukraina itu kembali menyamakan kedudukan.

"Sungguh istimewa bagi saya bisa meraih kemenangan hebat hari ini melawan Caroline," kata Svitolina, yang mengambil cuti satu tahun untuk berumah tangga sementara Wozniacki rehat selama hampir tiga tahun.

"Dia pemain hebat dan saya sangat senang dia kembali," ujar Svitolina, yang akan menghadapi mantan juara US Open asal Inggris Emma Raducanu atau petenis Spanyol Elena-Gabriela Ruse di babak kedua.

Baca juga: Gauff raih gelar Grand Slam perdana lewat kemenangan US Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024