Jakarta (ANTARA) - Petenis Jepang Naomi Osaka memastikan tempatnya di babak 16 besar ATP Qatar Open 2024 setelah mengalahkan petenis Kroasia Petra Martic 6-3, 7-6 (11/9) pada babak 32 besar, Rabu WIB.

Dikutip dari laporan AFP, ini menandai juara Grand Slam empat kali itu memenangkan pertandingan berturut-turut sejak kembalinya ia ke turnamen WTA dalam hampir dua tahun, karena ia mengambil rehat seusai melahirkan.

Osaka sempat mengambil kendali dengan break pada gim keempat set pembuka. Meskipun kedua pemain sempat membuang peluang karena kesalahan servis sendiri, baik Osaka dan Martic mulai menunjukkan serangan yang lebih efektif.

Martic mengancam untuk memaksakan set ketiga saat ia memenangkan empat poin pertama dari tie-break, tapi Osaka kemudian menyelamatkan empat set point sebelum lawannya melakukan kesalahan ganda pada match point.

Dengan kemenangan ini, maka Osaka akan bertemu dengan Lesia Tsurenko dari Ukraina, yang mengalahkan unggulan keempat Ons Jabeur 6-3, 6-2, di babak 32 besar.
 

Tsurenko memenangkan sembilan gim berturut-turut dari ketertinggalan 3-1 pada set pertama untuk meraih kemenangan pertamanya atas pemain 10 besar dalam lima tahun.


Baca juga: Aldila bangkit untuk lewati babak pertama Qatar Open

Sementara, Jabeur mengalami awal tahun yang sulit. Ia mengaku masih terkendala masalah lutut kanan yang menimpanya di Abu Dhabi.

“Pastinya kondisinya jauh lebih baik dibandingkan minggu lalu, tapi sayangnya masih ada (rasa sakit),” kata Jabeur.

“Ini tidak akan sembuh dalam dua atau tiga hari, tapi saya melakukan yang terbaik untuk menyembuhkannya, dan saya pikir ini akan menjadi sangat positif untuk beberapa minggu ke depan,” ujarnya menambahkan.

Di sisi lain, petenis peringkat tiga dunia Coco Gauff kalah 6-2, 6-4 dari Katerina Siniakova pada pertandingan pembuka, menandai pertama kalinya ia gagal mencapai perempat final sebuah turnamen sejak Wimbledon tahun lalu.

Juara US Open tersebut kehilangan servisnya sebanyak enam kali karena kesalahan yang dilakukannya, sehingga menyia-nyiakan keunggulan 4-0 pada set kedua.

Dengan kemenangan ini, maka Siniakova akan menghadapi petenis Amerika Serikat lainnya, Danielle Collins, di babak 16 besar.

Unggulan ketiga Elena Rybakina mengalahkan petenis China Zhu Lin 6-2, 6-1. Dia nantinya akan bertemu petenis Amerika Serikat Emma Navarro untuk memperebutkan tempat di perempat final.

Baca juga: Raducanu tersingkir pada babak pertama Qatar Open

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024