Jakarta (ANTARA) - Naomi Osaka mengaku "sangat kecewa" setelah momen kembalinya ke arena tenis di Brisbane International harus terhenti di tangan sang juara bertahan Karolina Pliskova pada babak kedua, Rabu.

Pliskova, yang menjuarai turnamen tersebut saat terakhir kali digelar pada 2020, bangkit dari ketertinggalan set pertama untuk mengalahkan bintang Jepang itu 3-6, 7-6 (7/4), 6-4.

"Meskipun hari ini sangat mengecewakan, saya tahu bahwa jika saya terus berlatih dan terus bekerja keras, pada akhirnya saya akan mencapai apa yang saya inginkan," kata Osaka, seperti disiarkan AFP.

"Agak sulit karena dia punya servis yang bagus -- break point saya seharusnya bisa lebih baik, tapi menurut saya selain itu, kami berdua bermain sangat baik."

Baca juga: Naomi Osaka nantikan untuk comeback di Brisbane International

"Bahkan melangkah ke lapangan adalah kemenangan pribadi karena beberapa minggu lalu saya bahkan ragu apakah saya bisa bermain," ujar petenis berusia 26 tahun itu.

"Jadi, saya rasa dua pertandingan yang saya jalani ini membuktikan kepada saya bahwa saya baik-baik saja, dan tahun ini akan menjadi lebih baik bagi saya."

Juara Grand Slam empat kali itu tidak bermain di turnamen apa pun sejak September 2022 karena masalah kesehatan mental. Dia kemudian melahirkan bayi perempuan pada Juli sebelum memutuskan untuk kembali.

Setelah kemenangan mengesankan pada babak pertama atas petenis Jerman Tamara Korpatsch, Osaka memulai pertandingan dengan kuat melawan petenis peringkat 39 Pliskova, mematahkan servis gim pembuka petenis Ceko itu.

Baca juga: Naomi Osaka menangi pertandingan "comeback" di Brisbane International

Pliskova, finalis Grand Slam dua kali, menyamakan kedudukan tetapi Osaka kembali mematahkan servisnya untuk memimpin 4-2 kemudian merebut set pembuka.

Momentum mulai bergeser pada set kedua ketika Pliskova mulai menemukan sasaran dengan servisnya.

Ia memenangi tiebreak set kedua, kemudian mendapat break awal pada set ketiga, bertahan dengan mudah untuk memenangi pertandingan dalam waktu dua jam 13 menit.

Pliskova telah memenangi Brisbane International tiga kali dan mengatakan dia merasa semakin baik seiring berjalannya pertandingan.

"Saya pikir saya bermain cukup baik -- ada banyak hal yang perlu ditingkatkan namun ini adalah awal yang bagus," kata Pliskova, menambahkan bahwa setelah bye pada babak pertama dan tidak bermain sejak September, ia memerlukan waktu untuk memulihkan diri.

Baca juga: Osaka berusaha santai saat kembali ke kompetisi tenis

"Anda bisa berlatih sebanyak yang Anda mau, namun dalam pertandingan selalu sedikit berbeda."

Sementara itu, peringkat dua dunia Aryna Sabalenka mengalahkan Lucia Bronzetti 6-3, 6-0 dalam penampilan dominan di Pat Rafter Arena.

Juara bertahan Australian Open Sabalenka tampil apik melawan Bronzetti, mematahkan servis petenis Italia itu satu kali pada set pertama dan tiga kali pada set kedua.

"Saya sangat senang dengan penampilan saya dan saya pikir saya memainkan pertandingan yang sangat hebat," ujar Sabalenka.

"Saya hanya berharap saya bisa mempertahankan level yang sama di setiap pertandingan, atau bahkan lebih baik lagi."

Baca juga: Osaka targetkan lebih banyak gelar Grand Slam hingga Olimpiade Paris

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024